Pakaian Adat Sunda Untuk Para Kaum Bangsawan

0 99

Pakaian Adat Sunda Untuk Para Kaum Bangsawan

Suku Sunda ini mempunyai kebudayaan khas, yang mana Kebudayaan Sunda ini memiliki daya tarik yang sangat kuat bagi para wisata-wisatawan yang berkunjung kedaerah Suku Sunda. Suku Sunda juga menawarkan beberapa kesenian, dan kebudayaan yang terdapat di Jawa Barat. Karena kebudayaan dan kesenian Suku Sunda ini sangat banyak sekali, mari kita simak penjelasan yang telah ditulis dibawah ini, selamat menyimak teman-teman.

Ketika sedang bergaya dengan pakaian, penduduk sunda mengenali beberapa jenis pakaian adat yang didasarkan pada fungsinya masing masing, umur, tingkatan sosial kependudukan  pemaikainnya. Tingkatan pemakain pakaian adat itu berdasarkan tingkat strata sosial pemakainya, misalnya seperti pakaian adat Jawa Barat bisa dibedakan menjadi 3 jenis pakaian, seperti pakaian kaum menengah, pakaian kaum bangsawan, bahkan pakaian rakyat jelata pun ada.

Pakaian Adat Sunda Untuk Para Kaum Bangsawan

Untuk para kaum orang bangsawan, mereka biasa memakai pakaian adat sunda yang memiliki simbol-simbol keadungan. Oleh karena itu, dari beberapa segi desain pakaian, pakaian tersebut terlihat sebagai pakaian adat suku sunda Jawa Barat yang paling rumit.

Untuk para pria-pria bangsawan, pakaian adat sunda yang akan mereka gunakan ini adalah jas tutup yang berbahan hitam yang mana jas tersebut disulam dengan benang emas yang menyusuri sampe ke tepi, dan ujung lengan. Begitupun dengan celana panjang yang mereka gunakan itu sama dengan motif baju yang mereka gunakan, kain dodot motif rengreng parang rusak, benten atau sabuk emas, bento untuk penutup kepala, dan selop hitam digunakan sebagai alas kaki

Bagi para wanita, biasanya para wanita kaum bangsawan sering menggunakan pakaian adat Jawa Barat seperti kebaya beludru yang berwarna hitam, yang disulam dengan benang emas, kain kebat yang bermotif rereng, dan menggunakan selop yang memiliki bahan beludru dan di hiasai oleh sulaman manik-manik untuk mempercantik penampilan tersebut.

Selain hanya itu, tak lupa ada beberapa pernak-pernik perhiasan yang sering di gunakan, misalkan seperti tusuk konde emas yang digunakan untuk rambut yang di sanggul, cincin, broos, giwang, gelang keroncong, peniti rantai, dan ada beberapa perhiasan-perhiasan lainnya yang dibuat dari emas.

Source https://baabun.com/tentang-suku-sunda-kebudayaan-adat-istiadat/

Leave A Reply

Your email address will not be published.