Pakaian Adat Khusus Wanita Betawi: Kain Sarung Batik

0 42

Pakaian Adat Khusus Wanita Betawi: Kain Sarung Batik

Menurut sejarah suku Betawi tidak termasuk kedalam suku asli DKI Jakarta. Namun kebudayaan dan adat istiadat suku Betawi ini dari dulu sudah terkenal sebagai lambang ikon budaya Jakarta. Kerak telor, gambangkromong, dan ondel-ondel merupakan contoh budaya asli Betawi.

Termasuk diantaranya adalah pakaian adat Betawi. Budaya ini tidak mungkin bisa lepas dari Jakarta sebagai identitas Nasional. Penduduk asli Jakarta seringkali mendapatkan julukan sebagai orang Betawi. Sebagai orang Betawi tentu saja memiliki pakaian adat yang sangat khas dan berbeda dengan suku-suku lain di Indonesia.

Suku Betawi dari dulu memang sangat terkenal dengan kebudayaannya yang masih sangat unik. Kebudayaan ini mereka jaga dan lestarikan sebagai bentuk warisan nenek moyang mereka.

Dengan beberapa contoh budaya warisan nenek moyang mereka suku Betawi menjadi sangat terkenal di seantero negeri.  Misalnya saja mengenai pakaian adat Betawi yang sangat berbeda sekali dengan pakaian adat tempat lain. Pakaian adat suku Betawi ini memiliki atribut dan ciri khas tersendiri. Beberapa contoh pakaian adat suku Betawi antara lain adalah:

Kain Sarung Batik

Jenis pakaian adat Betawi yang lainnya adalah kain sarung batik. Pakaian adat ini merupakan atribut pakaian Betawi khusus wanita. Kain sarung ini dipakai untuk menutupi bagian bawah dan menutup bagian kepala.

Warna kain yang biasa dipakai adalah warna-warna yang terang (cerah) serta bermotif geometri. Dalam pemakaiannya sering disesuaikan dengan warna baju kurungnya.

Source https://www.romadecade.org/ https://www.romadecade.org/pakaian-adat-betawi/#!
Comments
Loading...