Pakaian Adat Jawa Timur dengan Ciri Khas-nya yang Menarik

0 248

Pakaian Adat Jawa Timur dengan Ciri Khas-nya yang Menarik

Jawa Timur adalah salah satu provinsi di Pulau Jawa berletak berada di paling timur. Ditinjau secara geografis, Provinsi Jawa Timur mencakup wilayah pulau Madura yang sebenarnya secara antropologis mempunyai budaya yang cukup berbeda dengan budaya Jawa Timuran.

Jika kita melihat runutan sejarah serta sisi historisnya, Jawa Timur memang diketahui memiliki kebudayaan yang telah maju sejak masa lampau. Hal ini ditandai dengan ditemukannya berbagai macam prasasti serta candi dari peninggalan kerajaan-kerajaan terdahulu yang pernah menguasai di daerah tersebut, contohnya kerajaan Majapahit, Kanjuruhan, Kahuripan, Medang Kamulan, Singasari, Janggala, dan masih banyak lagi.

Jika kamu perhatikan sekilas, pakaian adat Jawa Timur ini sebenarnya mempunyai cukup banyak kemiripan dengan pakaian adat yang biasa dikenakan orang-orang Jawa Tengah. Hal ini dikarenakan masyarakat Jawa Timur sendiri secara geografis dan historis memang mendapat banyak sekali pengaruh dari kebudayaan Jawa Tengah yang perkembangannya lebih dominan pada masa lampau.

Akan tetapi, walaupun mempunyai banyak kesamaan, terdapat beberapa hal yang membedakan kedua jenis pakaian adat ini.

Pertama, dari segi coraknya. Corak pada pakaian adat Jawa Tengah sangat jelas melambangkan nilai-nilai tata krama serta menjunjung tinggi nilai kesopanan. Hal ini tentunya sangat kontras apabila dibandingkan dengan pakaian adat Jawa Timur cenderung lebih menonjolkan nilai-nilai ketegasan tapi tetap sederhana dengan menjunjung tinggi nilai etika.

Kedua, dalam hal perlengkapan pakaian yang dipakai. Pakaian adat Jawa Timur diperkenalkan bersama dengan berbagai macam aksesoris yang cukup unik, seperti penutup kepala (odheng), tongkat (sebum dhungket), arloji rantai, serta kain selendang yang diselempangkan di bahu.

Terlepas dari kesamaan dan perbedaan tersebut, baju adat atau pakaian adat Jawa Timur sendiri dibagi menjadi 2 macam, yakni baju mantenan dan baju pesaan.

Source Pakaian Adat Jawa Timur dengan Ciri Khas-nya yang Menarik Maudisini

Leave A Reply

Your email address will not be published.