Pak Tekong Atau Sepak Tekong, Permainan Tradisional

0 189

Pak Tekong Atau Sepak Tekong, Permainan Tradisional

Permainan ini adalah salah satu permainan anak yang umum dimainkan ketika saya masih kecil. Untuk memulai permainan, hanya dibutuhkan sebuah bola plastik dan juga batu bata ataupun kapur untuk membuat lingkaran. Idealnya, permainan ini dilakukan antara 5 sampai 10 orang. Permainan ini cukup sederhana tapi seru bahkan terhitung sebagai salah satu permainan yang cukup menguras tenaga. Dapat dimainkan baik oleh anak perempuan maupun laki-laki atau juga keduanya. Ketika saya kecil, permainan ini selalu dimainkan dalam kelompok yang cukup besar antara 10-12 orang dan berisi laki-laki dan perempuan. Permainan dapat dilakukan di areal perumahan atau juga di lapangan, yang penting ada tempat untuk sembunyi. Beberapa pembelajaran dan/atau manfaat dari permainan ini adalah meningkatkan aktivitas fisik atau sebagai salah satu kegiatan olah raga, atur strategi, setia kawan, dan juga kelincahan.

Teknis permainan:

1) Membuat lingkaran dengan batu bata atau kapur (atau penanda lainnya) di tempat yang disepakati (misal di tengah area bermain).

2) Menentukan batasan area permainan, bila tidak akan menyulitkan penjaga.

3) Hompimpah untuk menentukan penjaga. Yang kalah akan menjadi penjaga.

4) Meletakkan bola di dalam lingkaran. Salah satu dari anak yang akan bersembunyi harus menendang bola. Usahakan ia menendang cukup jauh sehingga menyulitkan penjaga mengambil bola.

5) Saat bola ditendang keluar lingkaran, maka penjaga harus mengejar bola tersebut dan mengambilnya kembali untuk diletakkan di dalam lingkaran. Bersamaan dengan penjaga yang mengejar bola, pemain lainnya harus berlari dan segera mencari tempat sembunyi.

– PENJAGA TIDAK DIPERBOLEHKAN MELIHAT KE BELAKANG SAAT MENGAMBIL BOLA. –

6) Penjaga harus meletakkan bola kembali ke dalam lingkaran dan bergegas mencari pemain lain yang bersembunyi. Selagi mencari, penjaga harus memperhatikan bola agar tidak ditendang oleh pemain yang muncul tiba-tiba.

– PENJAGA TIDAK DIPERBOLEHKAN MEMBAWA BOLA SAAT MENCARI PEMAIN YANG BERSEMBUNYI –

7) Bila menemukan pemain lain, penjaga harus berlari kembali ke bola. Penjaga harus menyebutkan nama sambil kemudian menyentuh bola. Begitu seterusnya untuk pemain yang ditemukan.

– Pemain pertama yang disebutkan atau ditemukan oleh penjaga akan menjadi calon penjaga berikutnya BILA TIDAK DISELAMATKAN OLEH PEMAIN LAIN. –

8) Pemain lain yang belum ditemukan dapat menyelamatkan teman yang pertama disebutkan dengan cara berlari ke arah bola dan menendang bola ke luar lingkaran. Bila bola berhasil ditendang ke luar lingkaran, maka permainan kembali dimulai dari awal. Penjaga kembali mengejar bola dan semua pemain baik yang sudah ditemukan maupun belum lainnya DAPAT BERSEMBUNYI KEMBALI.

9) Apabila tidak ada penyelamat, maka setelah pemain ditemukan semua, permainan akan dimulai kembali dengan penjaga baru yakni orang pertama yang telah berhasil ditemukan oleh penjaga sebelumnya.

Source https://budaya-indonesia.org https://budaya-indonesia.org/Pak-Tepong-atau-Sepak-Tepong/
Comments
Loading...