Paham Animisme Kejawen

0 304

Paham Animisme Kejawen

Kepercayaan masyarakat Jawa berunsur pada animisme dari zaman prasejarah sampai sekarang, termasuk kepercayaan tentang makhluk halus, roh leluhur yang mendiami macam-macam tempat tertentu.

Dalam sejarah pulau Jawa ada tiga zaman pokok mengenai agama, yaitu :

1. Zaman prasejarah sampai abad 8

Masyarakat Jawa pada zaman prasejarah tinggal di dalam masyarakat kecil dan kepercayaan animisme. Kepercayaan animisme termasuk kepercayaan manusia mengenai makhluk halus dan roh lelehur yang mendiami bermacam-macam tempat. Sehingga kepercayaan itu masih kental dalam suatu masyarakat setempat.

2. Zaman kerajaan Hindu-Budha

Yang pertama diawali dengan kerajaan Mataram dari abad 8 sampai abad 10 yang terletak di Jawa Tengah, kerajaan Majapahit dari abad 13 sampai abad 16 yang terletak di Jawa Timur. Masyarakatnya beragama Hindu serta Budha pada waktu itu.

3. Zaman Islam setelah abad 16

Kerajaan Islam yang dibentuk masih menyimpan banyak tradisi dari kerajaan Hindu-Budha tetapi memakai agama Islam, pada waktu itu kerajaan Mataram sedang turun.

Karena ketiga zaman agama tersebut, agama Jawa saat ini berlapiskan tiga, yaitu :

  1. Kepercayaan animisme
  2. Agama Hindu-Budha
  3. Agama Islam.

Pada zaman prasejarah dan bagian kepercayaan itu masih hidup sampai sekarang dan merupakan perkembangan pertama animisme. Penganut animisme adalah orang-orang yang percaya bahwa tempat-tempat atau objek-objek punya kepercayaan tersendiri, misalnya orang yang percaya dengan makhluk halus, roh leluhur  dan yang sebagainya.

Mayoritas orang Jawa beragama Islam, agama Islam yang dilakukan di Jawa punya perbedaan dari agama Islam yang di lakukan di daerah Timur Tengah. Agama Islam di Jawa dicampuri dengan kepercayaan manusia lain asli Jawa, yaitu kepercayaan animisme dam kepercayaan dari kerajaan Hindu-Budha.

 

Source Paham Animisme Kejawen kompasiana
Comments
Loading...