Pagelaran Tari Golek Ayun-Ayun

0 110

Pagelaran Tari Golek Ayun-Ayun

Tari Golek Ayun-Ayun diciptakan oleh KRT Sasminta Mardawa atau biasa dipanggil dengan sebutan Romo Sas. Beliau merupakan empu seni tari klasik gaya Yogyakarta, yang lahir pada tahun 1929. Dari tangan beliau lahir berbagai jenis tari mulai dari Beksan, Srimpi, Bedhaya, hingga Golek termasuk Tari Golek Ayun-ayun.

Penari Tari Golek Ayun-Ayun memakai jarik atau kain betak dengan atasan baju semacam rompi berbahan beludru dengan hiasan keemasan. Selain itu juga dilengkapi dengan sampur atau selendang serta mahkota seperti burung merak yang mengepakkan sayap, lalu ditambah cunduk mentul di kepala. Riasan para penari Tari Golek Ayun-Ayun menggambarkan wajah yang senang dan bergembira.

Konon tarian ini menggambarkan sosok wanita cantik yang lagi senang-senangnya bersolek. Gerakannya yang lembut memang terkadang seperti menggambarkan perempuan muda yang tengah mempercantik diri. Tapi, kadang-kadang gerakan tangannya juga seperti sosok gadis muda yang tengah menyulam.

Beberapa sumber menyebutkan Tari Golek Ayun-Ayun ini berasal dari Solo. Namun bila didasarkan asal dari peciptanya, ini lebih ke tarian klasik Yogyakarta. Hingga kini tarian ini masih terus dilestarikan. Antara lain diajarkan di sanggar-sanggar seni atau sandar tari, serta setiap hari Minggu sering di tampilkan di Pendapa Sri Manganti, Keranton Yogyakarta dari pukul 10.00-11.00 WIB.

Bagi wisatawan, ini adalah hiburan gratis yang murah meriah sekaligus memiliki nilai seni tinggi. Apalagi untuk traveler penikmat pertunjukan seni tradisional, pasti akan menjadi suatu hiburan yang sangat memuaskan hati.

Source http://hotelthecube.com/ http://hotelthecube.com/kala-gadis-muda-bersolek-diri-di-tari-golek-ayun-ayun-yogyakarta/
Comments
Loading...