“Padhang Ulan” Kesenian Tradisional Muda-Mudi

0 114

Tari padangulan adalah satu jenis tari daerah Blambangan Banyuwangi yang termasuk jenis tari kelompok berpasangan, dan sudah dikenal di seluruh daerah Jawa Timur. Namanya dise­suaikan dengan suasananya, yaitu ketika kelompok muda-mudi berpasangan bersukaria bersama di bawah sinar bulan purnama di tepi pantai Banyuwangi. Tarian ini termasuk dalam kelompok tarian muda berpasangan.

Tari padangulan adalah satu tarian tradisional yang bersifat hiburan sehingga dapat dianggap sebagai tari pergaulan muda-mudi. Tari ini termasuk tari rakyat, yaitu tarian yang hidup dan berkembang di kalangan rakyat Using. Gendhing akan menjadi indah apabila diiringi dengan angklung Banyuwangi yang erotik, melankolik dan lincah. Sudah menjadi kebiasaan masyarakat Banyuwangi, apabila bulan purnama, mereka banyak berkunjung ke pantai untuk menyaksikan Kesenian Tari Padhang Ulan.

Padhang ulan ini sebenarnya tradisi dari nelayan, saat bulan purnama sepi ikan, sehingga mereka menggelar hiburan di tepi pantai. Pemerintah Banyuwangi juga akan memfasilitasi siapa saja untuk tampil pada saat pagelan padhang ulan, mulai kelompok tari, seni hingga teater. Untuk penonton yang menyaksikan pertunjukkan seni Padhang Ulan, tidak dipungut biaya sama sekali dan mereka bisa duduk secara lesehan di sekitar pementasan.

 

Source "Padhang Ulan" Kesenian Tradisional Muda-Mudi "Padhang Ulan" Kesenian Tradisional Muda-Mudi "Padhang Ulan" Kesenian Tradisional Muda-Mudi

Leave A Reply

Your email address will not be published.