Paciwit-Ciwit Lutung, Permainan Tradisional

0 40

Paciwit-Ciwit Lutung, Permainan Tradisional

“Paciwit-ciwit lutung

Si lutung pindah ka luhur.”

Permainan paciwit-ciwit lutung adalah permainan yang berasal dari daerah Sunda. Kutipan di atas menjadi lirik yang mengiringi jalannya permainan ini. Paciwit-ciwit lutung dapat dilakukan oleh paling sedikit dua pemain. Semakin banyak pemain yang ikut, permainan ini akan terasa semakin seru.

Paciwit-ciwit lutung dimainkan dengan cara pemain pertama meletakkan salah satu tangannya dalam posisi telungkup, pemain kedua mencubit punggung tangan pemain pertama. Selanjutnya, pemain ketiga mencubit punggung tangan pemain kedua. Begitu seterusnya hingga semua tangan pemain membentuk tumpukan dalam posisi saling mencubit. Saat lirik “Si lutung pindah ka luhur” dinyanyikan, tangan yang berada di tumpukan paling bawah pindah untuk selanjutnya mencubit punggung tangan pemain paling atas sehingga menggantikan posisinya. Langkah tersebut dilakukan berulang-ulang sambil menyanyikan lirik paciwit-ciwit lutung sebagai pengiringnya.

Meskipun permainan ini sederhana, ada manfaat dan esensi yang dapat kita ambil dalam permainan ini. Dalam permainan paciwit-ciwit lutung tidak ada menang ataupun kalah. Oleh karena itu, permainan ini mengajarkan kita bahwa dalam hidup tidak harus selalu terpaku pada persaingan.

Source https://budaya-indonesia.org/Paciwit-ciwit-Lutung/ https://budaya-indonesia.org/Paciwit-ciwit-Lutung/
Comments
Loading...