Paciwit-Ciwit Lutung, Permainan Tradisional Sunda

0 981

Paciwit-Ciwit Lutung

Permainan ini sangat unik sebab, kita menggunakan cubitan tangan, ketika tangan paling atas mencubit dengan keras maka cubitan tersebut akan sampai ke tangan yang paling bawah, kemudian tangan paling bawah akan pindah ke atas dan memulai cubitan kembali, semua pemain akan merasakan bagaimana rasanya ketika di atas dan ketika di bawah.

Permainan tradisional perlu diperkenalkan kembali agar tak hilang dari memori kreatif masyarakat. Kota Bogor, Jawa Barat, memperkenalkan permainan tradisional Sunda kepada generasi muda, dalam rangka melestarikan kesenian bangsa hal ini ungkapan dari Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disbudparekraf).

Permainan tradisional mengandung banyak nilai filosofi dan juga makna yang dapat dipelajari dan mampu mengikat masyarakat tingkat bawah maupun masyarakat tingkat atas dalam satu-kesatuan tanpa merasa adanya perbedaan.

Selain itu juga mampu untuk menumbuh kembangkan kreatifitas dan cara bersosialisasi anak-anak untuk bersikap dan bertutur kata.

Salah satu permainan tradisional Jawa Barat yaitu paciwit-ciwit lutung, permainan ini mengajarkan anak-anak kita untuk bisa merasakan kesusahan orang lain.

Kepala Disbudparekraf Kota Bogor, Shahlan Rasyidi menjelaskan, “Kaulinan Urang Lembur merupakan salah satu program pelestarian kebudayaan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat baik tingkat provinsi maupun tingkat kota dan kabupaten. Sehingga permainan tradisional sangatlah penting bagi anak-anak serta kreativitas yang ada di daerah tersebut”.

Source Paciwit-Ciwit Lutung Permainan Tradisional Sunda kabar24
Comments
Loading...