Ornamen Miniatur Joglo, Elemen Dekoratif Yang Identik Pada Pernikahan Jawa

0 17

Ornamen Miniatur Joglo, Elemen Dekoratif Yang Identik Pada Pernikahan Jawa

Agar nuansa pernikahan adat Jawa semakin terasa, sebaiknya dekorasi pernikahan juga disesuaikan. Dalam pernikahan adat Jawa, elemen dekoratif bisa mengambil inspirasi dari beberapa ornamen khas. Tak jarang elemen dekoratif tersebut pun menyimpan makna dan filosofis yang baik untuk kedua mempelai.

Meskipun kini dekorator semakin kreatif memberikan sentuhan modern pada dekorasi bernuansa tradisional. Namun tetap saja ada beberapa ornamen dekoratif yang identik pada pernikahan Jawa. Salah satu elemen dekoratif yang identik dengan pernikahan adat Jawa yaitu ornamen miniatur Joglo.

Apabila dirasa gebyok sudah terlalu umum untuk dekorasi pelaminan, Anda bisa memberikan sentuhan miniatur rumah khas Jawa Tengah, Joglo. Ciri khas rumah tradisional ini ada pada bagian atapnya yang berbentuk trapesium atau gunungan. Bukan hanya sekadar hunian, rumah ini juga menjadi syarat akan simbol tertentu.

Sebagai contoh empat pilar utama penyangga rumah yang melambangkan empat arah mata angin. Lebih lanjut, kerumitan dalam proses pembuatan rumah ini juga membuat joglo menjadi simbol status untuk kalangan priyayi dan bangsawan.

Source http://mahligai-indonesia.com/ http://mahligai-indonesia.com/pernikahan-nusantara/perlengkapan-pernikahan/lima-elemen-dekoratif-yang-identik-pada-pernikahan-jawa-4370

Leave A Reply

Your email address will not be published.