Orkes Keliling, Tradisi Sahur di Pemalang

0 38

Orkes Keliling, Tradisi Sahur di Pemalang

Masyarakat Indonesia punya beragam cara membangunkan warga untuk melakukan sahur di bulan Ramadan ini. Di Kabupaten Pemalang, sekelompok warga dengan menggunakan alat musik, menggelar orkes sahur keliling kota.

Kegiatan ini bertujuan membangunkan warga untuk sahur sekaligus menjaga keamanan kampung. Menghibur, begitulah cara yang dilakukan sekelompok warga Kelurahan Mulyoharjo Kecamatan Pemalang, dalam membangunkan warga untuk bersahur di bulan Ramadan. Sambil bernyanyi diiringi musik dengan menggunakan alat musik, seperti gitar dan gendang, mereka berkeliling kota Pemalang membangunkan warga untuk Sahur. Kegiatan yang diberi nama orkes sahur keliling ini, merupakan kegiatan rutin yang digelar setiap tahunnya saat memasuki bulan suci Ramadan.

Sepanjang perjalanan dengan alunan lagu dan musik dangdut maupun pop yang keluar dari suara merdu sang penyanyi, peserta rombongan orkes sahur keliling ini pun sesekali berjoget dan berteriak sahur guna membangunkan warga yang masih tertidur lelap.

Dari setiap daerah yang dilewati meski dalam keadaan gelap tidak menyurutkan niat warga untuk terus melakukan orkes sahur. Selain memberi hiburan, kegiatan ini juga dilakukan untuk menjaga keamanan kampung. Mereka berharap tradisi yang sudah menjadi agenda rutin setiap tahunnya itu, dapat terus mereka gelar dan diterima masyarakat Pemalang.

Source https://rawalanji.wordpress.com/ https://rawalanji.wordpress.com/2010/07/20/orkes-keliling-tradisi-sahur-di-pemalang/
Comments
Loading...