Obrog Ramadhan Cirebon

0 152

Obrog Ramadhan

Bulan Ramadhan adalah bulan penuh berkah,yang mana banyak orang berlomba-lomba untuk memupuk kebaikan. Banyak ritual ataupun tradisi yang hanya dilakukan pada saat bulan ramadhan, contohnya: ngabuburit,puasa,teraweh,dan sahur. Bicara mengenai sahur, sahur dilakukan pada saat duapertiga malam atau sekitar jam 1-4 dini hari. Terdapat ritual unik yang dilakukan masyarakat Desa Sidawangi Kabupaten Cirebon pada saat Bulan Ramadhan,yaitu tradisi Obrog.

Obrog adalah tradisi membangunkan orang sahur pada saat Bulan Ramadhan dengan menggunakan alat musik. Obrog biasanya dilakukan oleh para lelaki dari usia 12-40 tahun yang mana mereka nantinya akan mengelilingi satu kampung untuk membangunkan orang sahur. Alat yang digunakan untuk membangunkan sahur seperti genjring,marawisan,hingga membawa alat rumah tangga seperti ember dan galon.

”Saya dan teman-teman saya selalu melakukan tradisi ini semenjak saya masih smp,biasanya saya dan teman-teman sih udah keluar buat bangunin orang sahur dari jam setengah satu sampe jam 4. Perekrutannya sih siapa aja yang mau dan yang ingin bangunin orang sahur dan biasanya juga yang bangunin itu laki-laki muda sampai bapak-bapak juga ada,nah dari kelompok besar itu dibagi lagi jadi perwilayah kampung gitu biar kejangkau semua rumah-rumah yang dibangunin pake obrog.” ucap Gian anggota kelompok Obrog Sidawangi.

Ia mengaku banyak orang yang merasa berterimakasih atas adanya Obrog Ramadhan ini yang dapat membantu membangunkan sahur saat ramadhan dan sekaligus dapat melestarikan budaya lokal. ”wah saya sih sangat terbantu banget atas adanya obrog ini, apalagi kalo obrog lewat tuh kan berisik banget sambil teriak teriak sahur jadi saya bisa kebangun untuk sahur.” ucap Sumarno warga Kampung Sidawangi.

Pada akhir ramadhan atau sekitar satu hari sebelum lebaran, biasanya obrog akan mengelilingi kampung bukan saat sahur tapi saat siang sampai sore hari mengelilingi kampung untuk memberikan persembahan terakhir kepada warga kampung atas berakhirnya Bulan Ramadhan ini.

Source https://budaya-indonesia.org https://budaya-indonesia.org/OBROG-RAMADHAN/
Comments
Loading...