Nilai-Nilai yang Terkandung dalam Selamatan Kematian di Jawa

0 549

Nilai-Nilai yang Terkandung dalam Selamatan Kematian di Jawa

Tradisi selametan tidak hanya untuk bayi, tetapi pada masyarakat Jawa ada yang di gunakan untuk Selametan kematian seseorang. Dalam selamatan kematian mengandung nilai- nilai sebagai berikut:

  1. Nilai Sedekah

Selamatan bermanfaat memberikan keselamatan diri dari bahaya atau siksaan. Selamatan menurut agama Islam tidak hanya dilakukan pada saat kesenangan, seperti pada saat meninggalnya seseorang. Adapun waktu sempit disini, dapat diartikan waktu sedih yang memiliki suatu makna, orang yang sudah meninggal itu kelebihan harta atau sebaliknya.

Selamatan yang biasa dilakukan oleh mereka berasal dari harta si mayat itu sendiri, dan dari berbagai macam bawaan para takziah (dapat berupa barang pokok).

  1. Nilai Tolong-menolong

Dasar dari tolong-menolong juga merupakan perasaan saling butuh membutuhkan, yang ada dalam jiwa warga masyarakat. Nilai tolong-menolong dalam tradisi selamatan kematian pada masyarakat terlihat dalam pelaksanaan atau penyelenggaraannya. Bahkan pada saat pelaksanaan kematian selesai, mereka bersama-sama membersihkan tempat-tempat yang telah digunakan. Tolong-menolong dalam selamatan kematian terjadi secara spontan dan rela, tetapi juga ada yang didasarkan oleh perasaan saling membutuhkan yang ada dalam jiwa masyarakat tersebut. Tolong menolong terdapat hubungan saling ketergantungan sebagai akibat dari adanya proses pertukaran yang saling memberikan balasan atas jasa yang diberikan orang lain kepada dirinya

  1. Nilai Solidaritas

Biasanya orang yang melayat membawa  bawaan seperti uang, beras dan sebagainya. Tradisi nyumbang merupakan wujud solidaritas seorang anggota masyarakat terhadap saudara, anggota, rekan kerja atau anggota masyarakat lainnya yang sedang memiliki hajatan, sehingga akan terbentuk suatu solidaritas.

Tetapi dalam tradisi selamatan kematian prinsip ini tidak ditemukan karena mereka menyumbang penuh dengan kerelaan dan keikhlasan. Dalam konteks sosiologis, ritual selamatan kematian sebagai alat memperkuat solidaritas sosial, maksudnya alat untuk memperkuat keseimbangan masyarakat yakni menciptakan situasi rukun, toleransi di kalangan partisipan, dan juga tolong menolong serta doa yang di panjatkan pada orang yang bersangkutan.

Source Nilai-Nilai yang Terkandung dalam Selamatan Kematian di Jawa wawasan kita
Comments
Loading...