Nilai-Nilai Budaya Tari Lenggang Cisadane Dari Tangerang Banten

0 43

Nilai-Nilai Budaya Tari Lenggang Cisadane Dari Tangerang Banten

Tari lenggang cisadane merupakan salah satu kebudayaan di kota tangerang. Dari beberapa budaya di Tangerang seperti Gambang Kromong, Lenong, dan Barongsai yang sudah sangat sudah lama berada namun tarian tersebut sangatlah baru diciptakan.

Tarian tersebut diciptakan dan baru disahkan pada tahun 2011 oleh Dinas Pemuda, Budaya dan Pariwisata (Disporabudpar). Lenggang Cisadane diciptakan oleh salah satu seniman yang terdapat pada kota tersebut. Maka dari itu tarian ini  asli khas budaya Tangerang dikarenakan budaya tarian yang lain bukanlah asli dari Kota Tangerang dan merupakan bawaan dari daerah yang berbeda dan bahkan kebanyakan dari Budaya Tionghoa seperti gambang kromong dan barongsai.

Pada Tarian Lenggang Cisadane juga menggunakan 13 penari, angka 13 ini memiliki makna yaitu terdapatnya 13 kecamatan yang berada di Kota Tangerang.  Pada Tari Lenggang Cisadane juga terdapat unsur musik yang instrumentnya sangatlah khas.

Alat musik yang digunakan pada tarian ini ialah gambang kromong, satu set salendro, dan satu set marawis yang dimainkan oleh 11 orang pemain musik. Tarian Lenggang Cisadane menggambarkan kecerian, kelincahan, dan kecantikan gadis-gadis pada Kota Tangerang.

Tarian Lenggang Cisadane mampu membuat kita membuka mata sebagai para penerus bangsa yang sudahlah lupa akan nilai-nilai budaya warisan para leluhur kita. Kita sudahlah lama meninggalkan budaya-budaya Indonesia dan mengikuti budaya barat sehingga banyak kebudayaan yang diambil oleh negara tetangga. Pencipta tarian ini mampu membuktikan bahwa pada jaman sekarang tarian khas budaya mampu bersaing, dilihat banyaknya peminat yang ingin belajar tarian tersebut, dan beliau juga sudah menjual cd berupa video sehingga kita bisa belajar sendiri.

Source https://liveintangerang.wordpress.com/ https://liveintangerang.wordpress.com/2014/11/09/tarian-lenggang-cisadane/

Leave A Reply

Your email address will not be published.