Nilai Budaya Tradisi Rokat

0 204

Nilai Budaya Tradisi Rokat

Tradisi “rokat” sebenarnya tidak hanya terjadi di daerah pesisir Madura saja, namun juga seringkali terjadi di daerah pesisir jawa dan bali. Tapi tradisi tersebut muncul dengan model-model dan modifikasi yang berbeda. Meski demikian, tidak diketahui secara jelas kapan tradisi “rokat” tersebut muncul. Sepanjang yang diketahui dan diyakini oleh masyarakat di daerah tersebut, menganggap kebudayaan/tradisi tersebut sudah lama berlangsung dan harus di lestarikan.

Bagi mereka yang tinggal di daerah pesisir Madura. Bagi penduduk yang menetap di daerah pesisir Madura, mereka menilai bahwa kebudayaan “rokat” merupakan budaya warisan nenek moyang mereka secara turun temurun, sehingga mereka secara wajib dan mempunyai keharusan untuk mempertahankan dan melestarikan budaya tersebut.

Selain itu, penduduk yang menetap di daerah tersebut juga menganggap bahwa tradisi “rokat” merupakan suatu bentuk ketaatan masyarakat terhadap Tuhan Yang Maha Esa, mereka menganggap bahwa orang yang mengikuti tradisi tersebut, merupakan orang-orang yang mempunyai tingkat ketaqwaan yang tinggi. Dari sinilah kemudian masyarakat di daerah tersebut merasa terpanggil untuk ikut serta dalam ritual tersebut.
Kemudian, ada juga yang menganggap jika dalam masyarakat tersebut tidak melakukan ritual “rokat”, maka masyarakat tersebut akan mendapatkan bencana dan rezeki yang didapat tidak sesuai dengan yang diinginkan. Bagi penduduk yang tinggal di luar daerah tapi asli penduduk pesisir Madura.

Bagi penduduk yang menetap di luar daerah, mereka menganggap bahwa tradisi “rokat” harus tetap dilaksanakan di manapun mereka berada. Karena tradisi tersebut merupakan tradisi dari nenek moyang mereka yang harus dipertahankan dan dilestarikan. Tapi yang menjadi kendala untuk melakukan “rokat” di lingkungan yang baru mereka tempati adalah tidak adanya fasilitas serta masyarakat yang kurang mendukung ritual “rokat” tersebut. Sehingga ritual tersebut tidak perlu dilaksanakan di daerah mereka yang baru.Namun, menurut mereka nilai dari ritual “rokat” itu akan selalu sama meskipun dilakukan di lain tempat.

Source http://suog.co/ http://suog.co/makna-dan-simbol-tradisi-upacara-rokat-di-madura
Comments
Loading...