Ngubek Setu Gede, Tradisi Warga Bogor Sambut Bulan Ramadhan

0 33

Jelang bulan suci Ramadhan, ribuan masyarakat dari berbagai penjuru begitu antusias untuk berpartisipasi dalam kegiatan Ngubek Setu Gede yang berlangsung di Kelurahan Situ Gede.

Ngubek Setu merupakan acara tradisi yang diwarisi turun temurun dari nenek moyang. Saat acara berlangsung, masyarakat berbondong-bondong turun ke Setu untuk memanen ikan dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan atau dalam istilah lainnya disebut sebagai Mapag Munggah.

Ikan ini dipanen untuk buka saur pertama dulunya. Sekarang, tradisi ini kita pertahankan dan dilestarikan. Ini sudah berjalan 7 kali. Mapag munggah atau Ngubek Setu merupakan salah satu kegiatan yang dipertahankan oleh generasi sekarang agar danau Setu Gede yang sudah ditentukan pemerintah sebagai kawasan wisata di Kota Bogor dapat diperhatikan.

Tak hanya untuk menyambut bulan suci Ramadhan, kegiatan tersebut juga merupakan salah satu ajang promosi danau Setu Gede agar dikenal oleh masyarakat luas sebagai warisan wisata di Kota Bogor.

Selain dihadiri oleh masyarakat Kelurahan Situ Gede, pengunjung dari Jabodetabek ikut meramaikan kegiatan tersebut.

Kegiatan Ngubek Setu Gede sebenarnya tidak untuk dilombakan. Masyarakat yang hadir dipersilakan untuk meramaikan tradisi tersebut. Kegiatan tersebut merupakan hasil swadaya masyarakat. Pasalnya, ikan yang terdapat di Setu Gede merupakan hasil swadaya dari warga Kelurahan Situ Gede.

Source http://www.heibogor.com/post/detail/41870/ngubek-setu-gede-tradisi-warga-bogor-sambut-bulan-ramadhan/#.WqYIdGpua1s http://www.heibogor.com

Leave A Reply

Your email address will not be published.