Ngeliwet, Sebuah Tradisi Yang Sarat Dengan Kebersamaan

0 43

Ngeliwet adalah sebuah tradisi yang sebenarnya ada hampir di setiap daerah di pulau jawa, saya tidak tahu pasti di daerah lain, mungkin namanya saja yang berbeda. Pada dasarnya Ngeliwet adalah sebuah kegiatan untuk memasak makanan bersama, diantara teman – teman dekat atau tetangga. Berhubung ngeliwet adalah bentuk memasak nasi yang paling sederhana, maka dipilihlah bentuk tersebut untuk memasak nasi. Ngeliwet adalah memasak nasi dengan cara mencampur air dengan beras yang sudah dicuci, kemudian merebusnya di atas api sedang hingga airnya habis.

Ada beberapa variasi dalam ngeliwet yang pernah saya temui. Di daerah jawa timur biasanya nasi hanya direbus begitu saja tanpa di tambahi bumbu – bumbu apapun. Namun, ketika saya di sukabumi, orang di daerah sini suka menambahkan garam, santan, daun salam, ikan teri, hingga penyedap masakan. Sehingga rasanya lebih gurih seperti nasi uduk. Hasil akhir dari nasi liwet umumnya memiliki tekstur yang lebih lembut.

Dalam sebuah tradisi ngeliwetakan ditemukan sebuah rasa kebersamaan, karena hampir semuanya terlibat, saling membantu untuk membuat sebuah masakan. Masing – masing pekerjaan di bagi – bagi lagi. Ada yang bertugas untuk memasak beras, ada yang mengupas bawang, ada yang membuat sambal, hingga ada yang bagian cuci piring. Segala perbedaan akan lebur dalam prosesi ngeliwet, sebuah tradisi yang sarat dengan nilai toleransi dan kebersamaan.

Source https://addakhil.wordpress.com https://addakhil.wordpress.com/2011/05/19/ngeliwet-sebuah-tradisi-yang-sarat-dengan-kebersamaan/

Leave A Reply

Your email address will not be published.