Ngeroncong, Tradisi Pernikahan Khas dari Tanah Banten

0 70

Pernikahan adat Banten memang terkesan tak sefamiliar daerah tetangga seperti pesta adat Sunda atau pernikahan adat Betawi. Meskipun demikian, bukan berarti provinsi yang resmi didirikan pada tahun 2000 ini tidak memiliki adat istiadat tersendiri pada pesta pernikahan.

Jika ditelisik, beberapa adat pernikahan Banten seperti Buka Pintu atau Ngeroncong memang terkesan mirip dengan budaya Sunda. Selain itu, pesta pernikahan adat di wilayah paling Barat pulau Jawa ini juga amat erat dengan pengaruh ajaran Islam karena secara historis, Banten pernah menjadi wilayah kerajaan Islam tertua di Nusantara.

Salah satu prosesi adat pernikahan banten adalah Ngeroncong. Upacara Ngeroncong dimana kedua mempelai menerima pemberian uang receh oleh seluruh keluarga dan undangan. Pada upacara ini kedua mempelai duduk dikursi yang sudah dialasi oleh kain batik panjang yang baru. Upacara ini juga dilaksanakan di depan rumah. Kemudian secara bergantian seluruh keluarga serta undangan memberikan upacara selamat dan memasukan uang receh ketempat yang sudah disediakan.

Source http://gebyarpernikahanindonesia.com/387/tata-cara-pernikahan-adat-banten/ http://gebyarpernikahanindonesia.com

Leave A Reply

Your email address will not be published.