Ngapungkeun Balon, Tradisi Unik Warga Garut Saat Idul Fitri

0 200

Ngapungkeun Balon, Tradisi Unik Warga Garut Saat Idul Fitri

Sejumlah warga Kampung Panawuan Desa Sukajaya Kecamatan Tarogong Kidul Garut punya cara unik dalam merayakan Hari Raya Idul Fitri. Mereka merayakan hari kemenangan umat Islam itu dengan acara ‘ngapungkeun balon’ atau menerbangkan balon.

Tiga hari sebelum Lebaran datang, mereka membuat balon udara berukuran raksasa dari bahan kertas bening atau warga Panawuan menyebutnya kertas endog. Kertas-kertas tersebut direkatkan menggunakan remeh yang berarti sisa-sisa nasi. Ide ini sebetulnya hanya iseng dari para orang tua di kampung ini. Tapi lama kelamaan jadi tradisi yang dilaksanakan setiap tahun.

Balon raksasa tersebut diterbangkan di lapangan terbuka sekitar kampung setelah salat sunat Idul Fitri dilaksanakan. Balon itu terbang setelah sebelumnya diberi udara dari hasil pembakaran jerami yang dibakar di bawah tungku yang terbuat dari tanah. Penerbangan balon ini bukan tanpa alasan. Tujuannya mulia, yaitu, ingin mempersatukan warga setempat.

Tradisi ini sendiri sudah berlangsung sejak 37 tahun yang lalu atau pada tahun 1980. Dalam sekali acara, warga di sini bisa menerbangkan lebih dari 10 balon setinggi belasan meter yang di sebar di seluruh penjuru kampung. Balon-balon tersebut dibentuk karakter kartun, seperti spongebob dan patrick dalam serial kartun spongebob squarepants.

“Sekarang anak kecil umur 7-10 tahun di kampung ini sudah piawai membuat balon. Intinya ini akan menjadi tradisi turun temurun di kampung kami,” pungkas Abang.

Source https://news.detik.com/ https://news.detik.com/berita-jawa-barat/d-3541788/ngapungkeun-balon-tradisi-unik-warga-garut-saat-idul-fitri
Comments
Loading...