Ngagogo Lauk, Sunda

0 118
Ngagogo Lauk, Sunda

Adakah yang familiar dengan Majalengka? Kota kecil yang sebentar lagi akan memiliki Bandara Udara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati ini memiliki tradisi unik untuk merayakan kemenangan lho! Namanya Ngagogo Lauk.

Ngagogo Lauk sendiri bisa diartikan menangkap lauk dengan tangan kosong. Lauk adalah ikan dalam bahasa Sunda. Artinya kita harus bisa menangkap ikan yang masih hidup didalam kolam atau sungai dengan tangan kosong tanpa bantuan alat apapun.

Ngagogo Lauk erat kaitannya dengan kebiasannya masyarakat Majalengka untuk memelihara ikan. Tanah yang subur dengan air yang melimpah ruah memudahkan masyarakat membudidayakan ikan di kolam. Nggak heran, kolam ikan menjadi salah satu pemandangan umum yang bisa kita jumpai terutama di pedesaan.

Tradisi Ngagogo Lauk akan sering kita temui  ketika musim pemilihan kepala daerah baik tingkat desa maupun tingkat kabupaten,  ataupun perayaaan HUT kemerdekaan RI.

Ketika perhelatan pilkada tiba, masing-masing kontestan selain menyiapkan mental menghadapi lawan. Pada saat bersamaan mereka pun telah menyiapkan beberapa kolam untuk kegiatan Ngagogo Lauk. Kolam-kolam itu bisa milik sendiri ataupun milik orang lain yang sudah disewa dan pastinya terlebih dulu ditanami dengan ikan. Nah, ketika hasil penghitungan suara telah diumumkan dan diketahui siapa pemenangnya barulah Ngagogo Lauk dilaksanakan.

Masyarakat baik tua atau muda beramai-ramai memasuki kolam yang telah disediakan pemenang. Dengan penuh suka cita mereka berusaha menangkap ikan yang ada di kolam. Bisa dibayangkan ikan hidup yang sebegitu lincahnya berenang kian kemari harus kita  tangkap dengan tangan kosong. Apalagi kita mesti ekstra hati-hati dengan duri yang bisa melukai bahkan patil lele jika jenis ikannya lele.

Kelihaian peserta dalam menangkap ikan harus dibutuhkan, tapi tak sedikitpun yang tidak memperoleh ikan seekor  pun. Namun, dapat ikan ataupun tidak, semua peserta Ngagogo Lauk bersuka cita. Ikan hasil tangkapan peserta Ngagogo Lauk bisa dibawa pulang ke rumah masing-masing secara gratis.

Lain lagi ceritanya ketika memperingati perayaan kemerdekaan RI. Ngagogo Lauk akan dilombakan dimana pemenangnya biasanya yang mampu menangkap ikan paling banyak.

Source https://budaya-indonesia.org/Ngagogo-Lauk/ https://budaya-indonesia.org/Ngagogo-Lauk/
Comments
Loading...