Ngabesan, Jawa Barat

0 47

Ngabesan, Jawa Barat

Setiap daerah memiliki bentuk tradisi pernikahannya masing-masing. Walau dengan menggunakan bentuk dan cara penyampaian yang berbeda, namun inti dari tradisi itu tetaplah sama, yaitu sebagai pelengkap dan penyempurna prosesi pernikahan di daerah tersebut. Setidaknya itulah yang dipercaya oleh para penganutnya. Sama halnya dengan Ngabesan.

Ngabesan merupakan sebuah tradisi Sunda dimana pihak sang mempelai pria dan keluarga menyambangi tempat tinggal keluarga sang mempelai wanita sebagai bentuk dukungan moril terhadap pernikahan mereka. Tak hanya itu saja, tetapi pihak keluarga sang mempelai pria pun biasanya membawa barang-barang kebutuhan rumah tangga dalam kondisi baru sebagai perlambang strata sosial dalam masyarakat. Hal ini biasa disebut dengan seserahan.

Seiring zaman dimana Indonesia sendiri pun merasakan dampak dari globalisasi dan westernisasi dimana-mana, tradisi Ngabesan ini mulai memudar di beberapa daerah yang masih berada dalam Bogor. Namun masih ada daerah-daerah yang sangat kental dengan gaya Ngabesannya hingga sekarang, seperti yang terjadi di Bogor Timur. Bukan hanya di Bogor, bahkan di tempat yang berpenduduk Sunda seperti Bandung, dan Cianjur pun masih melakukan tradisi Ngabesan tersebut. Itulah sekilas pembahasan mengenai tradisi Ngabesan. Semoga informasi yang telah disampaikan dapat berguna bagi kita semua.

Source https://budaya-indonesia.org/Ngabesan/ https://budaya-indonesia.org/Ngabesan/
Comments
Loading...