Neloni, Tradisi Jawa Timur

0 61

Neloni, Tradisi Jawa Timur

Neloni yang berarti telu dalam bahasa jawa atau tiga, maka dari itu upacara neloni diadakan pada waktu kandungan berumur tiga bulan, dan saat upacara ini disediakan sajian berupa nasi tumpeng,yaitu nasi putih yang dibentuk  seperti mengerucut.

Lauk-pauk tumpeng tersebut adalah gundangan, yang terdiri dari beberapa macam sayuran yang telah dimasak dan dicam­pur dengan sambal kelapa. Selain itu disajikan pula jenang abang putih. Di samping sajian tersebut pada upacara ini ada pula yang menyajikan nasi punar, yaitu nasi yang rasanya gurih dan berwarna kuning diberi air kunyit. Cara menyajikan nasi punar ini diletakkan di takir plonthang.

Setelah semua sajian tersebut tersedia, maka orang yang punya hajat mengundang tetangganya untuk kenduri. Kenduri ini biasanya dipimpin oleh modin atau orang yang sudah ber­pengalaman dalam memimpin upacara.

Sesudah upacara Neloni, pada bulan ke-empat, ke-lima dan ke­enam juga diadakan selamatan, dan masing-masing selamatan itu berbeda dalam hal sajian yang dihidangkan saja. Pada wak­tu kandungan berusia tujuh bulan, diadakan upacara pitonan atau tingkeban.

Source http://jawatimuran.net http://jawatimuran.net/2012/10/25/neloni-tradisi-jawatimur/
Comments
Loading...