Naskah Ratu Pakuan

0 374
Suatu naskah yang berbentuk pantun yang di tulis oleh pujangga yang bernama Kairaga, dari gunung Srimanganti, Cikuray. Naskah ini diperkirakan ditulis pada akhir abad ke-17 M atau awal abad 18 M dalam bahasa Sunda, yang dapat ditemukan pada Karopak 410.

Naskah ini menceritakan dengan indah tentang kepindahan ratu Ambetkasih, istri Sribaduga maharaja Jayadewata dan selirnya,  dari istana Galuh ke istana Pakuan. Sifatnya yang historis menjadikan para pembaca dapat memahami sejarah pada masa lalu yang tertulis di dalamnya. Berbagai wilayah disebutkan dalam naskah ini sebagai asal-usul dari para ratu khususnya yang sedang melakukan perjalanan dari keraton di timur (Galuh) menuju keraton barat yaitu Pakuan.

Pembaca sekalian diajak untuk memahami bagaimana perjalanan kerajaan terbesar di Tatar Sunda berserta kisah-kisah para ratu yang menghuni istana. Sebagai sebuah naskah sejarah maka diharapkan para pembaca dapat mengambil hikmah dari kisah-kisah tersebut. Mengambil sesuatu yang bermanfaat untuk agama, bangsa dan Negara serta meninggalkan sesuatu yang sudah usang atau bertentangan dengan keyakinan kita bersama saat ini.

Comments
Loading...