Nama-Nama Rumah Adat Sunda: Rumah Adat Parahu Kumureb

0 79

Nama-Nama Rumah Adat Sunda: Rumah Adat Parahu Kumureb

Rumah adat Sunda merupakan rumah yang didiami oleh suku Sunda. Suku Sunda merupakan salah satu suku yang terdapat di provinsi Jawa Barat. Mereka mendiami rumah tradisional yang berada di daerah tatar sunda atau tanah pasundan. Rumah ini memiliki gaya seperti rumah adat Indonesia lainnya yaitu berbentuk rumah panggung.

Tujuan dibentuknya rumah panggung ini adalah agar kolong yang terdapat pada rumah ini dapat digunakan sebagai penanggulangan gempa bumi dan banjir. Bahkan tidak sedikit yang memanfaatkannya sebagai tempat peliharaan seperti ayam, sapi maupun kambing serta penyimpanan alat alat pertanian seperti cangkul, bajak dan lain sebagainya. Selain rumah adat ini memiliki ciri khas, rumah adat sunda memiliki nama yang bervariasi tergantung bentuk atap rumahnya. Salah satunya rumah adat perahu kumureb.

Rumah adat perahu kumureb memiliki arsitektur yang lebih rumit dibandingkan Jolopong. Jenis rumah adat ini memiliki empat bagian utama di atapnya. Dua bagian di depan dan belakang yang berbentuk trapesium dan dua bagian di sisi kanan kiri yang memiliki bentuk segitiga sama sisi.

Pada atap ini terdapat dua batang kayu yang menghubungkan antar sisi sehingga akan terbentuk atap segitiga jika dilihat dari depan. Nama parahu kumureb sendiri memiliki arti perahu yang terbalik. Maka dari itu atap dari rumah adat Sunda yang satu ini memang terlihat seperti perahu yang terbalik.

Namun, ketika musim penghujan tiba, atap ini mudah bocor karena banyak sambungan yang ada di atap. Rumah adat yang satu ini bisa kalian jumpai di daerah Kabupaten Ciamis tepatnya di Kampung Kuta.

Source https://www.romadecade.org/ https://www.romadecade.org/rumah-adat-sunda/#!
Comments
Loading...