Musik Patrol, Musik Tradisional Asal Jawa Timur

0 36

Musik Patrol, Musik Tradisional Asal Jawa Timur

Namanya terbilang seru atau bisa dibilang terdengar keren banget, itulah sebutan jenis musik tradisional yang berasal dari Jawa Timur ini. Musik Patrol sebenarnya kesenian musik tradisional yang bebunyiannya keluar dari alat musik sederhana, kentongan. Serunya, kentongan yang dipakai bermacam-macam dengan berbagai ukuran. Cara membunyikannya pun dibunyikan dengan teratur. Alhasil bebunyian yang keluar pun terdengar enak di telinga.

Musik Ronda

Asal-usul musik tradisional ini belum terbilang pasti dari mana munculnya. Kalau dari berbagai info yang bersumber dari masyarakat, sebenarnya musik Patrol muncul karena awalnya berasal dari alat kentongan yang dipakai zaman dulu saat berjaga-jaga di lingkungan penduduk alias ronda.

Aktivitas ronda sendiri adalah aktifitas berjaga-jaga untuk membangunkan warga jika ada kejadian pencurian maupun bencana alam. Setelah agama Islam berkembang di Jawa Timur, kentongan pun digunakan sebagai pembangun warga untuk sahur di bukan Ramadhan.

Berbagai varian kentongan

Sebagai alat musik, kentongan nggak hanya memakai satu jenis kentongan saja. Karena jika hanya memakai satu jenis kentongan saja, maka suaranya jadi monoton. Lalu dibuatlah kentongan dengan berbagai ukuran sehingga bisa mengeluarkan suara yang berbeda.

Berbagai kreasi pun bermunculan untuk mengeluarkan suara-suara kentongan menjadi suara yang indah dan enak didengar. Dari situ jadilah bebunyian kentongan menjadi kesenian tradisional yang menyebar ke seluruh daerah timur daratan Jawa.

Dimainkan Berkelompok

Tentu saja dengan berbagai jenis variasi bebunyian, musik Patrol harus dimainkan dengan banyak orang alias berkelompok. Mengingat berbagai jenis varian kentongan tadi yang harus mengeluarkan bebunyian yang berbeda.

Dari Bambu dan Kayu

Kentongan yang terbuat dari bambu biasanya memiliki ukuran kecil dan suara yang dihasilkan pun kecil pula. Dan kentongan yang terbuat dari kayu, biasanya punya ukuran dan suara lebih besar. Karena ingin suara yang lebih variatif, kentongan dari bambu dan kayu ini pun dibagi lagi jadi beberapa kentongan berukuran beda yang pastinya mengeluarkan jenis suara yang lebih kaya. Musik Patrol juga bisa melagukan lagu-lagu modern seperti lagu dangdut dan campursari.

Source http://mahligai-indonesia.com/ http://mahligai-indonesia.com/ragam-budaya/tradisi-nusantara/4-fakta-asyik-musik-patrol-7384
Comments
Loading...