budayajawa.id

Motif Batik Wahyu Tumurun dalam Pernikahan Adat Jawa

0 29

Salah satu motif batik Surakarta yang kami belum yakin masih banyak yang membuatnya. Motif batik ini masih populer untuk dipakai dalam pernikahan terutama di daerah Surakarta dan sekitarnya.

Motif ini memberikan sebuah filosofi bahwa semoga kedua mempelai diberikan wahyu atau anugerah dari Yang Maha Kuasa untuk mengarungi kehidupan rumah tangga sampai akhirnya nanti. Karena wahyu itu sendiri tidak diberikan kepada sembarangan orang, seseorang yang mampu mengingat Tuhan lebih banyak dan menjadi pribadi yang benar-benar menjauhi hal yang tidak baik bagi hatinya.

Dalam pernikahan Jawa, wahyu tumurun dapat ditafsirkan semoga pemakainya mendapatkan berkah kehidupan lahir batin dalam kehidupan berumah tangga, keharmonisan dan kebahagiaan yang langgeng dan terjaga selama-lamanya. Dalamnya makna kehidupan rumah tangga inilah yang membuat motif wahyu tumurun dipilih sebagai motif khusus yang sering dikenakan dalam upacara pernikahan adat Jawa.

Karena pernikahan bukan sebuah hal yang bisa dibuat bercanda, pernikahan penuh akan berkah dan anugerah baik dari keluarga, teman, bahkan Tuhan ikut memberikan ucapan selamat kepada kedua mempelai. Jadi jangan sia-siakan sebuah pernikahan hanya demi mengejar hawa nafsu duniawi belaka.

Source http://indonesianbatik.id/2018/04/06/5-rekomendasi-motif-batik-indonesia-untuk-digunakan-dalam-pernikahan-adat-jawa/ http://indonesianbatik.id
Comments
Loading...