Mitos Binatang Yang di Percayai Pada Masyarakat Jawa

0 219

Mitos Binatang Yang di Percayai Pada Masyarakat Jawa

Masyarakat Jawa memiliki berbagai anggapan dan adat serta kepercayaan yang turun-temurun dari generasi yang satu ke generasi yang lainnya. Adapun anggapan yang ada di Jawa ialah sebagai berikut :

Burung pipit yang berkicau terus menerus

Burung pipit atau disebut juga burung prenjak, adalah cara unik untuk mengetahui kehadiran tamu. Saat tamu akan datang, si burung akan terus menerus berkicau di rumah. Akan tetapi, ada beberapa arti yang hendak disampaikan si burung.

-Apabila si burung bertengger di depan atau sisi kanan, tandanya si tamu akan membawa berita baik dan kebaikan.

-Apabila si burung bertengger di belakang atau sisi kiri rumah, tandanya si tamu akan membawa kabar buruk atau malapetaka.

Kupu-kupu di dalam rumah

Apabila kupu-kupu masuk ke dalam rumah dan berputar-putar bahkan hinggap, tandanya rumah tersebut akan kedatangan tamu. Sedangkan kalau kupu-kupu hinggap di badan salah satu anggota keluarga, maka yang datang adalah orang dekat ke rumah tersebut.

Burung gagak berputar-putar di atas rumah

Dipercaya burung gagak adalah burung yang selalu dikaitkan dengan hal-hal mistis. Apabila ia terbang berputar-putar di atas rumah seseorang, konon akan ada penghuni rumah yang meninggal.

 Ayam jantan berkokok sore hari atau tengah malam

Masyarakat di zaman dahulu memiliki suatu anggapan  bahwa apabila ada ayam jantan yang berkokok sore hari atau tengah malam, maka akan datang wabah penyakit atau gangguan makhluk halus. Sehingga bila ada anak gadis sore masih berada di luar rumah sering kali di minta untuk masuk ke dalam rumah.

Celaka bila menabrak kucing

Apabila saat sedang berkendara maka Anda menabrak kucing, maka ini adalah sebuah peringatan supaya berhati-hati karena Anda bisa celaka. Anggapan tersebut sudah di kenal  dan tersebar di kalangan masyarakat Jawa dan sekitarnya.

Source Mitos Binatang Yang Di Percayai Pada Masyarakat Jawa vemale
Comments
Loading...