Mitos Telaga Wahyu Magetan

0 160

Mitos Telaga Wahyu Magetan

Barangkali tak banyak orang tahu bahwa di balik ketenaran Telaga Sarangan, Magetan, Jawa Timur, ada sebuah telaga lagi yang cukup eksotik tak jauh dari Telaga Sarangan. Telaga Wahyu namanya. Telaga ini hanya berjarak 3 kilometer dari sisi timur Telaga Sarangan. Meski tak setenar Telaga Sarangan, namun Telaga seluas 10 hektare ini rupanya juga tak terlepas dari mitos.

Sebagaimana diberitakan Kantor Berita Antara, mitos Telaga Wahyu ialah jika sepasang kekasih yang dilanda asrama merajut cinta di lokasi setempat, maka hubungan dan kisah cinta mereka tidak akan awet. Mitos inilah yang menjadi salah satu penyebab Telaga Wahyu disebut sebagai “Telaga Wurung” yang diartikan dalam bahasa Jawa adalah tidak jadi. Percaya dan tidaknya, kembali kepada masing-masing wisatawan. Wisatawan tak hanya disuguhi pemandangan alam yang indah, melainkan juga disuguhi aneka jenis ikan tawar yang menjadi surga dunia para wisatawan yang hobi memancing.

Untuk menuju kawasan Telaga Wahyu, dari Kota Magetan dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi ke arah barat sejauh 16 kilometer. Memasuki Kecamatan Plaosan hingga masuk telaga, jalan yang ditempuh sangat menantang dengan tanjakan dan turunan yang tajam serta berkelok-kelok. Sesekali tampak lahan pertanian warga dan hutan pinus yang tumbuh rindang disepanjang jalan. Selain digunakan sebagai tempat rekreasi pemancingan, Telaga Wahyu juga bisa digunakan sebagai bumi perkemahan.

Hanya saja, pengelolaannya yang belum maksimal, membuat tempat ini jarang dikunjungi oleh wisatawan. Padahal jika ditata dengan apik, Telaga Wahyu bisa menjadi satu paket tujuan wisata dengan Telaga Sarangan. Tempatnya yang indah dan udaranya yang sejuk merupakan pesona tersendiri.

Source Mitos Telaga Wahyu Magetan Solopos
Comments
Loading...