Mitos Pernikahan Anak Pertama dan Ketiga yang Terlarang dalam Jawa

0 341

Mitos Pernikahan Anak Pertama dan Ketiga

Beberapa pandangan Masyarakat Jawa dalam menyikapi makna hal tersebut di antaranya ialah sebagai berikut :

1.Konflik Karakter Anak Pertama dan Anak Ketiga

Hal ini dapat menimbulkan pertengkaran sebab, anak pertama cenderung bersikap sebagai pengatur, merasa dewasa, dan biasa menjadi patokan, hal tersebut di lihat dari pandangan psikologis anak tersebut. Sedangkan anak ketiga biasanya memiliki sikap manja, susah diatur, dan sering semaunya sendiri. Apabila dua karakter yang bertentangan ini hidup dalam satu rumah, maka tinggal menunggu saja pertengkaran-pertengkaran yang akan terjadi.

2.Rumah Tangga Akan Selalu Dinaungi Masalah

Pasangan anak pertama dan anak ketiga yang memaksa menikah cenderung akan dihadapkan dengan berbagai badai rumah tangga yang bisa membuat kepala seperti mau pecah. Ketika selesai satu masalah, masalah lain akan bermunculan. Bahkan bisa saja mereka mengalami banyak perkara dalam satu waktu. Masalah yang baru saja selesai akan ada masalah lain yang muncul dalam rumah tangga mereka.

3.Kesulitan dalam Perekonomian

Pasangan anak pertama dan ketiga diramalkan akan jauh dari rejeki. Mereka akan selalu kesusahan mencari uang untuk nafkah keluarga. Setiap usaha akan selalu gagal. Pekerjaan sulit didapatkan. Sehingga hal tersebut menjadi penghalang dan hambatan di dalam sebuah rumah tangga.

4.Kematian yang Akan Menimpa Mempelai atau Keluarganya

Pemikiran dan anggapan yang dapat berkembang ialah salah satu mempelai atau ayah dan ibu dari keduanya akan meninggal. Ini mitos yang paling buruk dan membuat pasangan yang hendak menikah harus berpikir seribu kali. Akan tetapi  hal itu semua tergantung pada diri kita masing-masing bagaimana dalam menyikapinya dan percaya atau tidak terhadap hal tersebut.

 

Source Mitos Pernikahan Anak Pertama dan Ketiga yang Sangat Terlarang dalam Adat Jawa boombastis
Comments
Loading...