Beberapa Mitos Orang Jawa

0 228

Mitos Orang Jawa

 

1.Saat Hujan Dilarang Berdiri Diambang Pintu, Nanti Disambar Petir

Tujuan mitos ini adalah agar tempias air hujan tidak masuk ke dalam rumah, selain itu banyak serangga seperti nyamuk dan lainnya juga mencari tempat berteduh, makanya pintu harus ditutup saat hujan.

2. Mandi di Malam Hari Bisa Membuat Linu atau Nyeri

Ternyata secara medis, mandi di malam hari, memang bisa membuat pembuluh darah menyempit yang membuat peredaran darah terhambat. Sehingga larangan ini ada makna baik yang terkandung. Bila kegiatan ini di lakukan maka akan menyebabkan  rasa linu atau nyeri tersebut, sebab terjadi penumpukan asam dipersendian.

3. Anak Perempuan Harus Sudah Mandi Sebelum Sore, Sebab Kalau Tidak, Akan Jauh Dari Jodoh

Konon katanya, anak perempuan yang belum membersihkan rumah, mandi, dan rapi sebelum ashar, akan jauh dari jodoh. Mungkin mitos Jawa yang satu ini sedikit terdengar tidak masuk akal, tapi coba kita pikirkan sejenak.Tujuan mengajarkan anak perempuan sejak dini untuk menjadi ibu rumah tangga yang baik.

4. Angkat Jemuran Harus Sebelum Gelap, Agar Tidak Masuk Angin

Ada anggapan bahwa jemuran yang sudah kering dibiarkan hingga malam, maka bisa membuat sakit saat kita memakainya nanti. Jemuran yang dibiarkan hingga malam akan membuat pakaian agak lembab dikarenakan embun.

5. Wanita Hamil Dilarang Memakan Pisang Gandeng, Nanti Bayinya Bisa Kembar Siam

Tahu kan pisang gandeng yaitu dua buah pisang yang kulitnya menyatu. Konon katanya ada larangan wanita hamil dilarang memakan buah pisang gandeng, katanya bisa mengakibatkan bayi yang sedang dikandungnya nanti lahir kembar siam. Dan masih banyak lagi anggapan yang ada di Jawa ini.

 

Source Mitos Orang Jawa vowasiknya.com
Comments
Loading...