Mitos-Mitos di Kudus

0 215

Mitos-Mitos di Kudus 

Kota Kudus sudah tidak asing lagi bagi kita semua. Kudus merupakan salah satu kota di Indonesia yang terkenal dengan peninggalan islam yaitu masjid menara kudus. Masjid ini dibuat oleh sultan Kudus. Namun tahukah anda, bahwa di balik kemegahan dan keindahan masjid kudus tersebut, ternyata kota kudus juga menyimpan banyak tempat-tempat angker yang kaya akan mitos kudus yang sampai saat ini masih dipercaya dan dilestarikan oleh masyarakat. Bahkan tidak hanya masyarakat setempat, mitos Kudus tersebut telah tersebar ke penjuru Nusantara. Berikut merupakan mitos mengenai tempat-tempat wisata di Kota Kudus yang menyimpan banyak cerita misteri.

Lorong Gapura Masuk Menara Kudus

Masjid Menara Kudus memiliki gapura masuk sebanyak 3 buah. Namun seiring dengan banyaknya renovasi 3 gapura tersebut hanya satu yang ditempatkan di bagian utama pintu masuk. Sedangkan 2 gapura lainnya berada di dalam masjid tersebut. Gapura-gapura tersebut memiliki arsitektur yang sangat indah dan unik sehingga selalu membuat kagum para pengunjung. Namun siapa sangka di balik keindahan dan kemegahan gapura masjid ini justru menyimpan sebuah mitos Kudus yang masih dipercaya kebenarannya sampai saat ini.

Gapura yang terdapat di dalam masjid ternyata memiliki cerita tersendiri. Di atas gapura tersebut dapat anda jumpai adanya rajah yang bertuliskan arab, di mana arti dari rajah itu adalah bahwa pintu ini dibuat pada zaman pemerintahan Aryo Peninggaran. Terlepas dari semua itu, pada gapura inilah berkembang mitos Kudus yang apabila dilanggar dapat berakibat fatal.

Mitos kudus yang berkaitan dengan gapura dalam masjid ini adalah siapa pun yang merupakan orang pejabat dan ketika melaksanakan tugasnya banyak melakukan kecurangan dan tidak bertanggung jawab, apabila melewati lorong gapura ini maka dalam waktu dekat pasti akan turun jabatan atau bahkan lengser. Mitos ini sampai saat ini masih sangat dipercaya. Oleh karena itu banyak sekali para pejabat yang tidak berani melewati lorong gapura tersebut. Meski cerita hanya sekedar mitos yang belum tentu kebenarannya, namun ada sebagian dari para pejabat yang kebetulan telah membuktikannya.

Siap-siap Patah Hati Bila Berani Berpacaran di Colo, Sekitar Makam Sunan Muria

Makam Sunan Muria yang terletak di kabupaten Kudus telah menjadi tempat wisata religi yang menjadi favorit bagi para pengunjung. Keindahan pemandangan alamnya yang sangat mempesona ditambah dengan suasana yang sangat sejuk menjadikan tempat ini banyak dijadikan sebagai pilihan untuk mengisi waktu libur. Namun jangan heran, apabila anda berkunjung ke tempat ini, mungkin anda jarang sekali melihat pasangan muda mudi di tempat wisata ini. Hal ini karena adanya mitos kudus yang mengatakan bahwa apabila pasangan muda-mudi berpacaran di sekitar makam Sunan Muria, yaitu tepatnya di Colo, maka mereka akan segera putus. Benar tidaknya mitos tersebut tergantung seberapa besar anda mempercayainya.

Para pria Tidak Boleh Beristri Wanita Jepara

Satu lagi mitos Kudus yang saat ini masih dipercaya dengan baik oleh masyarakat adalah larangan para pria Kudus untuk memperistri wanita yang berasal dari daerah Jepara. Hal ini bermula ketika Sultan Demak wafat yang mengakibatkan perselisihan antara Sunan Kudus dengan Ratu Kalinyamat, yaitu bupati kabupaten Jepara. Mereka memperebutkan daerah kekuasaan. Sejak saat itu, maka masyarakat Kudus percaya apabila memperistri wanita Jepara maka akan terjadi banyak hal yang tidak bagus setelah pernikahan.

Source http://hantupedia.com http://hantupedia.com/tiga-mitos-kudus-jangal-nyata/
Comments
Loading...