Mitos Makan Pisang Dempet di Jawa

0 4.146

Mitos Makan Pisang Dempet Di Jawa

Di Jawa masyarakat sering beranggapan bahwa ibu hamil tidak boleh makan buah yang dempet. Salah satu contohnya yaitu pisang,sebab nanti di takutkan anak yang lahir akan cacat. Anggapan itu selalu berkembang di dalam masyarakat Jawa dan di jadikan  tradisi secara turun temurun.

Pada dasarnya pisang yang dempet ini di sebabkan adanya kelainan genetik, dua buah pisang yang tumbuh dempet seperti kembar. Masyarakat Jawa sangat tidak menganjurkan memakan pisang dempet bagi orang yang sedang hamil. Selain itu ibu hamil juga memiliki pantangan-pantangan yang lainnya yang tidak boleh untuk di lakukan dan di laksanakan.

Biasanya larangan ini tidak hanya berlaku bagi ibu hamil saja tetapi juga untuk para suami yang istrinya sedang mengandung untuk tidak memakan buah pisang yang dempet tersebut. Jika hal tersebut di langgar takutnya nanti anak mereka bisa terlahir dengan tidak sempurna dan mengalami kekurangan baik fisik dan lainnya.

Ada kasus lain yang dapat menyebabkan jari tangan atau tubuh  bayi yang sedang lahir dempet, tidak harus dari pisang yang dempet. Bayi yang terlahir memiliki suatu kekurangan pasti ada hal-hal yang mempengaruhinya. Larangan pisang dempet hanyalah suatu keyakinan bagi masyarakat Jawa,akan tetapi bila suatu hal itu di larang sebaiknya di laksanakan untuk tidak melanggarnya saja, demi kebaikan bersama.

Bagi ibu hamil cukup menjaga kesehatan bayi yang ada di rahimnya dan juga kesehatannya sehingga bayi yang akan di lahirkan nanti akan terlahir sempurna dan tidak kurang sesuatu apapun.

Source Mitos Makan Pisang Dempet Di Jawa arti mitos makan pisang dempet
Comments
Loading...