Mitos Gerhana Bulan di Jawa

0 436

Di Jawa jika terjadi gerhana Bulan, masyarakat Jawa memiliki pemikiran yaitu :

1.Orang Hamil Tak Boleh Keluar Rumah
Gerhana bulan, berbahaya bagi wanita hamil. Itulah anggapan yang ada di suatu daerah yang sudah cukup di kenal oleh banyak masyarakat.
Bagi seorang wanita yang tengah hamil diharuskan berada di dalam rumah selama gerhana berlangsung. Jika wanita hamil keluar rumah saat gerhana maka saat lahir anaknya akan buta dan memiliki bibir sumbing. Akan tetapi percaya atau tidaknya itu tergantung pada diri sendiri.
2.Makanan Terpapar Racun
Salah satu daerah yang ada di India, beberapa orang menolak makan selama gerhana matahari. Mereka menjauhi makanan yang belum dimasak.
Hal ini dilakukan karena ada kepercayaan bahwa makanan yang dimasak saat gerhana matahari sudah terpapar racun dan kotor.
Sedangkan untuk masyarakat Jepang meyakini bulan purnama merupakan pertanda penyebaran racun. Racun tersebut akan menyebar melalui air sumur.

3.Pertanda Kemarahan Tuhan

Karena pada dasarnya kata gerhana itu memiliki makna di tinggalkan. Bangsa di masa Yunani Kuno percaya gerhana matahari merupakan tanda dari kemarahan Tuhan dan merupakan tanda akan terjadinya bencana dan keburukan di muka bumi.
4.Bulan Dimakan Makhluk Seram
Anggapan mengenai bulan ini yaitu agar serigala ketakutan dan memuntahkan kembali sang bulan, orang-orang harus membuat suara berisik dengan memukul benda-benda yang ada di dalam rumah.
Mitos ini juga tumbuh di China. Masyarakat China percaya gerhana bulan terjadi lantaran ada seekor naga yang marah dan memakan bulan. Anggapan tersebut juga berkembang di masyarakat Jawa. Selain itu kepercayaan atau pendapat  tersebut masih ada.
Source Mitos Gerhana Bulan Di Jawa kumparan
Comments
Loading...