Mitos Ayam Berkokok Tengah Malam Menurut Adat Jawa

0 538

Mitos Ayam Berkokok Tengah Malam Menurut Adat Jawa

Biasanya, seekor ayam jago atau ayam jantan akan berkokok ketika pagi menjelang. Kadang kali, kita juga menemukan mereka melakukan kebiasaan ini saat bertemu dan hendak menunjukan kejantanannya pada sang betina. Namun, yang tak lazim adalah ketika kita mendengar ayam berkokok tengah malam. Fenomena ini beberapa kali terjadi dan diyakini merupakan sebuah pertanda khusus yang diberikan alam tentang suatu kejadian yang akan berlangsung di suatu kampung.

Sebagian orang Jawa memahami bahwa ayam berkokok tengah malam merupakan pertanda tentang adanya seorang gadis yang hamil di luar nikah pada sebuah kampung. Anggapan ini tidak ada yang salah karena beberapa kali memang sudah pernah dibuktikan kebenarannya. Namun, yang perlu dipahami adalah bahwa ramalan ini kurang lengkap sesuai dengan kitab primbon kuno yang sebenarnya. Pasalnya, terdapat periodesasi bunyi kluruk ayam yang dimaksud berdasarkan jam kejadiannya.

  1. Jika bunyi ayam berkokok terdengar antara bakda maghrib sampai dengan pukul 9 malam, maka itu merupakan pertanda akan muncul fitnah di kampung tersebut.
  2. Jika bunyi ayam berkokok terjadi antara jam 9 malam sampai dengan menjelang tengah malam (sebelum jam 12), maka primbon Jawa menyebut bahwa itu merupakan pertanda muncul aib yang memalukan, misalnya ada gadis hamil di luar nikah.
  3. Jika bunyi ayam berkokok terdengar antara jam 12 tengah malam sampai dengan pukul 3 malam, maka itu merupakan pertanda kesuburan dan kejayaan.
  4. Jika bunyi ayam berkokok terdengar antara jam 3 malam sampai dengan pukul 6 pagi, maka itu merupakan pertanda hadirnya dewa surya (fajar menyingsing).
Source Mitos Ayam Berkokok Tengah Malam Menurut Adat Jawa Mitos Ayam Berkokok Tengah Malam menurut Islam vs Adat Jawa
Comments
Loading...