Mitembeyan Kabupaten Bandung

0 176

Mitembeyan

Kabupaten Bandung adalah salah satu wilayah di Provinsi Jawa Barat. Sebagian besar tanahnya berupa lahan pertanian sehingga mayoritas penduduknya bermatapencaharian sebagai petani. Para petani di daerah ini biasanya melakukan upacara adat dalam setiap proses pertanian, salah satunya adalah upacara mitembeyan.

Mitembeyan memiliki arti ngamimitian atau memulai dalam bahasa Sunda. Mitembeyan adalah upacara adat yang dilakukan sebelum memulai suatu pekerjaan, misalnya sebelum menebar bibit, menanam benih, atau memanen hasil tani. Upacara adat ini merupakan pengaruh dari kepercayaan Hindu sebelum datangnya agama Islam ke Jawa Barat. Namun, saat ini masih ada sebagian petani yang melakukannya. Upacara adat Mitembeyan tidak terbatas untuk tanaman padi, tetapi dlakukan juga oleh petani jagung dan tanaman lain.

Upacara mitembeyan yang dilakukan sebelum menanam benih bertujuan agar tanaman dapat berkembang dengan baik dan tidak diganggu oleh hama, sedangkan upacara mitembeyan sebelum panen dilakukan sebagai bentuk rasa syukur terhadap nikmat berupa hasil panen dan penghormatan kepada Dewi Padi (untuk tanaman padi). Selain itu, jampe (mantra) yang digunakan juga berbeda tergantung dari tujuan upacara mitembeyan yang dilakukan.

Dalam upacara mitembeyan sebelum panen, pemilik sawah atau ladang berdoa agar hasil pertanian dapat memberikan berkah atau keuntungan. Upacara adat ini dilaksanakan di sawah/ladang atau di rumah pemiliknya.Bahan yang biasa disediakan untuk upacara mitembeyan diantaranya adalah kapur sirih, gambir, daun sirih, tembakau, rujakeun, dan dupa.

Source https://budaya-indonesia.org https://budaya-indonesia.org/Mitembeyan/
Comments
Loading...