Misteri Roro Kuning Nganjuk

0 318

Misteri Roro Kuning Nganjuk

Misteri Roro Kuning Nganjuk pastinya sudah sangat terkenal oleh masyarakat Nganjuk sendiri. Roro Kuning ini berasal dari ruting dan Roro Kuning putri raja yaitu dari Kediri dan Dhoho. Yang dimana kita telusuri dari sejarahnya yaitu pada abad ke 11-12 Ruting ini memiliki nama asli Dewi Kilissuci dan kemudian roro kuning yang memiliki nama asli Dewi sekartaji yang merupakan putri satu satunya dari Lembu Amiseno dari Kerajaan Doho.

Roro kuning nganjuk memiliki nama yang seakan mempesona jika kita sebut. Cerita mengenai roro kuning ini berawal dari pada saat ke 2 putri Raja tersebut sakit di kerajaan dan kemudian tidak ada yang bisa menyembuhkannya. Pada saat itu runting sakit kuning dan Roro Kuning sakit gondok serta kulit. Dalam mencari kesembuhan kedua putri raja tersebut yang salah satunya roro kuning nganjuk masuk keluar hutan yang cukup luas dan bahkan naik gunung turun gunung, kemudian mereka berdua singgah di gunung Wilis yang berada di desa Bajulan. Pada saat sedang merenungi nasibnya putri tersebut bertemu dengan Resi Darmo dari Padepoan Ringin Putih desa Bajulan. Setelah di rawat oleh resi akhirnya sembuh. Karena seringnya si putri mandi di air terjun tersebut pada akhirnya oleh resi di beri nama air terjun roro kuning nganjuk selain itu banyak misteri yang ada di air terjun tersebut. Berikut ini misteri air terjun Roro Kuning Nganjuk:

Misteri patung Roro Kuning Nganjuk

Patung Roro Kuning ini menjadi central dari segala misteri. Ketika tengah malam, banyak orang melihat kejadian aneh. Seperti suara keramaian di sekitar patung. Padahal di sana tidak ada orang sama sekali. Tapi seperti banyak orang berkerumun di sekitar patung. Sudah pasti itu aktivitas hantu.

Misteri jalan menuju Roro Kuning Nganjuk

Jalan menuju atau di sekitar patung roro kuning terkenal angker dan kadang terjadi kecelakaan. Banyaknya aktivitas hantu dan sepi dari pemukiman manusia membuat kecelakaa yang terjadi agak lambat diketahui. Bahkan pernah ada orang yang tidak ketahuan kecelakaan sampai pagi menjelang.

Misteri air merambat Roro Kuning Nganjuk

Di sekitar patung roro kuning ada sebuah mata air yang disebut mata air merambat. Airnya bahkan pernah secara misterius memercik ke jalanan. Mengalir. Mengguyur, seolah-olah sedang hujan. Padahal tidak ada hujan sama sekali. Memang sungguh aneh. Hati-hatilah bila melihat air merambat karena bisa menyebabkan celaka, konon.

Misteri Dewi Roro Kuning Nganjuk adalah Dewi Sekartaji

Dewi Roro Kuning adalah tokoh mitologi di Nganjuk. Ia digambarkan sebagai sosok yang sangat cantik. Menjadi ikon kota Nganjuk yang tak terpisahkan dari tiap pembangunan ruang publik di sana. Roro Kuning juga dikenal dengan nama Dewi Sekartaji. Seorang putri cantik jelita dan memiliki kecerdasan yang luar biasa. Sosoknya memberikan energi positif bagi perkembangan tata kelola pemerintahan dan masyarakat Nganjuk.

Misteri banjir Roro Kuning Nganjuk

Banjir yang pernah terjadi di Nganjuk disinyalir berasal dari Roro Kuning yang menangis. Banjirnya susah reda, mesti dilakukan ritual khusus untuk menenangkan arwah Roro Kuning. Ini tentu saja membuat geger masyarakat.

Misteri jejak gaib Roro Kuning Nganjuk

Jejak gaib roro kuning ditemukan di banyak tempat. Misalnya kemunculan selendang kuning di tepian sungai di Nganjuk secara misterius. Atau juga bayangan perempuan cantik di sekitar patung roro kuning.

Misteri padepokan ringin putih Roro Kuning Nganjuk

Di Nganjuk ada sebuah padepokan ilmu gaib yang terkenal. Namanya Ringin Putih. Jika merujuk pada namanya, padepokan ini nampaknya mengajarkan sebuah keguyuban masyarakat melalui simbol pohon ringin. Dan warna putih sebagai lambang dari olah spiritual ala kejawen.

Misteri misteri tri sula Roro Kuning Nganjuk

Trisula adalah senjata semacam pisau berujung/bermata 3. Senjata ini banyak digunakan ada masa lalu oleh para tentara kerajaan di Jawa. Di Nganjuk ada sebuah trisula sakral yang keberadaannya masih tersembunyi di alam gaib. Banyak orang ingin mendapatkannya tapi gagal. Namanya adalah Trisula Roro Kuning.

Misteri pemandian Roro Kuning Nganjuk

Di Nganjuk ada sebuah pemandian atau petirtaan yang angker. Namanya Pemandian Roro Kuning. Amat terkenal di kalangan pecinta budaya Jawa dan pengkhayat kepercayaan kejawen.

Misteri air awet muda Roro Kuning Nganjuk

Jika kita mandi di petirtaan roro kuning ini, maka diyakini wajah kita bakal awet muda. Tubuh selalu kencang kulitnya. Aura dan karisma terbuka. Dan tak lupa, akan selalu sehat terus. Terhindar dari berbagai penyakit. Biasanya tempat pemandian ini digunakan oleh para politisi, pejabat, atau artis, atau siapapun yang ingin karirnya cemerlang dan memiliki kecantikan dan karisma memikat.

Source http://www.vonvon.id http://www.vonvon.id/roro-kuning-nganjuk/
Comments
Loading...