Misteri Gua Kalak Pacitan

0 276

Misteri Gua Kalak Pacitan

Kota Pacitan terkenal dengan julukan ‘1001 Gua’ memang menyimpan banyak keindahan di balik cadasnya bukit kapur, seperti Gua Kalak. Gua ini menarik bukan karena keindahan stalagtit dan stalagmitnya, tapi ada kisah misteri di balik itu.
Jika Anda mengunjungi Gua Gong dan akan meneruskan kunjungan wisata Anda menuju ke Pantai Klayar, sempatkanlah ke Gua Kalak. Gua ini berada di Desa Sendang, Kecamatan Donorojo, sekitar 8 kilometer dari Gua Gong. Memasuki di Desa Sendang, dari arah Gua Gong, di kiri jalan ada sebuah gua yang berdiri kokoh menjulang, bertuliskan Gua Kalak. Ya, ini adalah salah satu gua di Pacitan, Gua Kalak. Gua ini terkenal bukan karena keindahan stalagtit dan stalagmitnya, tetapi karena pengaruh mistisnya.

Gua ini ditemukan jauh sebelum Gua Gong. Bahkan antara tahun 70-an sampai 80-an, gua ini termasuk destinasi andalan di Kabupaten Pacitan saat itu, karena memang sejak lama aura magis gua ini terdengar oleh orang-orang di luar Pacitan. Zaman dahulu, banyak orang yang melakukan pertapaan di dalam gua. Bahkan, presiden kedua Indonesia pernah melakukan semedi di dalam gua yang berada di perut bukit ini.

Menurut cerita warga setempat, Gua Kalak merupakan tempat ritual dari Raden Brawijaya pada zaman Kerajaan Majapahit, salah satu tokoh yang istilahnya ‘babat alas’ di daerah tersebut yang juga disebut sebagai Gusti Kalak. Oleh karena itu, gua ini dinamakan Gua Kalak.

Saat mengunjungi Gua Kalak, kita hanya dapat berada di bagian depan. Karena lebih masuk ke dalam, gua ini pengap dan dibangun pagar besi yang dikunci. Oleh karena itu, kita tidak dapat menyusuri bagian dalam gua. Hingga kini belum dapat diketahui mengapa masyarakat tidak diperkenankan menelusuri lebih dalam. Itulah yang menjadi misteri.

Source https://travel.detik.com https://travel.detik.com/dtravelers_stories/u-2497642/misteri-gua-kalak-di-kampung-halaman-sby
Comments
Loading...