budayajawa.id

Misteri Candi Jawi Pasuruan

0 42

Misteri Candi Jawi Pasuruan

Candi Jawi adalah salah satu bangunan bersejarah yang terletak di kaki Gunung Welirang, yaitu tepatnya di Desa Candi Wates, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan,Provinsi  Jawa Timur. Kali ini kita akan mengetahui misteri apa yang masih menyelimuti Candi Jawi ini. Berikut ini merupakan misteri yang ada di Candi Jawi.

Misteri Nama Jawi

Di antara ratusan candi yang ditemukan, Candi Jawi ini merupakan candi yang diketahui namanya. Didalam Kitab Nagarakertagama karangan Empu Prapanca, candi ini disebut Jajawa. Dari Jajawa, nama tersebut lalu berubah menjadi Jawi. Belum diketahui, sejak kapan nama Jajawi ini berubah menjadi Jawi.

Misteri arca Maha Akshobya

Didalam kitab Nagarakertagama, pada tahun 1331, Candi Jawi ini disambar petir dan kemudian arca Maha Akshobhya dibagian atas patung Syiwa pun raib. Tidak diketahui, apakah arca ini telah ditemukan dan dimiliki kolektor luar negeri ataupun raib secara misterius? Selain itu juga, beberapa Arca Syiwa lainnya juga tidak diketahui keberadaannya.

Misteri Syiwa Buddha

Adanya arca dewa-dewi Syiwa, seperti arca Ganesha, Durga, Nandi, dan Brahma, ini menunjukkan bahwa Candi Jawi ini bersifat Syiwaistis atau berdasarkan dari kepercayaan Syiwa. Namun, pada bagian atas candi yang berbentuk stupa menunjukkan bahwa candi ini juga berlatar Buddha. Seni arsitektur Candi Jawi ini menunjukkan persatuan diantara kepercayaan Syiwa dan Buddha, sekaligus menjadi contoh nyata dari falsafah Bhinneka Tunggal Ika.

Misteri Batu Putih

Candi ini tampak belang. Bagian kaki dan juga selasar memakai batuan berwarna gelap. Sedangkan pada bagian tubuh candi menggunakan batu putih. Kenapa dapat belang-belang begitu? Para ahli menduga, tidak lama setelah disambar petir, Candi Jawi ini dibangun kembali memakai batu putih.

Misteri Cerita Relief

Sampai saat ini, para ahli belum dapat membaca relief yang menghiasi dinding luar pada tubuh Candi Jawi. Selain reliefnya yang telah pudar karena terlalu tipis, para ahli juga masih kesulitan menghubungkan gambar relief yang ada dengan kitab atau pada prasasti yang ditemukan.

Namun, sebuah tulisan yang berjudul Tafsir Cerita Pada Relief Candi Jawi, setidaknya sudah sedikit memberi gambaran tentang relief ini. Dalam tulisan tersebut disebutkan, bahwa alur dari cerita yang terdapat pada relief Candi Jawi ini, hampir seluruhnya sesuai dengan alur cerita disalah satu episode kitab Sutasoma karangan dari Empu Tantular, yaitu episode tantang Dewi Candrawati dari Kerajaan Kasi, sampai pertemuannya dengan Pangeran Sutasoma di Taman Ratnalaya.

Source Misteri Candi Jawi Pasuruan Kamerabudaya.com
Comments
Loading...