Misteri Benteng Pendem Ngawi

0 106

Misteri Benteng Pendem Ngawi

Misteri Benteng Pendem Ngawi yang terkenal sebagai salah satu tempat angker di Jawa Timur banyak diperbincangkan orang. Selain sejarah masa lalu tentang asal usul benteng pendem Ngawi kono di lokasi ini kerap terlihat penampakan-penampakan gaib.

Bangunan ini pada masa lalu sebenarnya memiliki nama benteng van den bosch yang berada di lokasi desa Pelem, Ngawi, Ngawi, Jawa Timur. Sebutan benteng pendem diberikan karena bangunan benteng pertahanan pasukan Belanda di bawah pimpinan Johannes Van den Bosh ini dibangun di bawah permukaan tanah dan hampir seluruh bangunan tidak terlihat dari kejauhan.

Bangunan yang dibangun tahun 1839 dan selesai pada tahun 1845 tersebut dulunya merupakan markas besar pasukan Belanda sekaligus sebagai benteng pertahanan dari perlawanan pasukan Pangeran Diponegoro. Beberapa bangunan yang terdapat di dalamnya diantaranya digunakan sebagai ruang pimpinan, pasukan, ada pula yang berfungsi sebagai gudang amunisi.

Makam Misterius

Sebuah makam tua yang terdapat di dalam area benteng pendem merupakan tanda bahwa adanya seseorang yang dimakamkan di tempat tersebut. Adalah Kyai Muhammad Nursalim, seorang ulama besar di Ngawi sekaligus pejuang dari kubu Pangeran Diponegoro orang yang diyakini meninggal dan dimakamkan di tempat tersebut.

Menurut cerita yang melegenda di masyarakat Jawa Timur, Muhammad Nursalim adalah seorang ulama dengan kesaktian kanuragan yang ia miliki. Entah ajian kekebalan apa yang ia miliki namun banyak orang yang mengatakan bahwa beliau kebal dari senjata dan termasuk senjata api.

Karena itulah kemudian pasukan belanda menangkap dan membawa beliau ke markas mereka sebagai tahanan. Tak lama dari peristiwa tersebut terdengar kabar bahwa Kyai Muhammad Nursalim telah meninggal dalam tahanan karena dikubur hidup-hidup di salah satu bangunan utama benteng pendem.

Selain keberadaan makam Kyai Muhammad Nursalim di lokasi ini juga terdapat sumur tua yang konon dulunya digunakan oleh pasukan Belanda sebagai tempat pembuangan mayat para pekerja rodi yang dimanfaatkan sebagai pekerja dalam pembangunan benteng tersebut.

Source Misteri Benteng Pendem Ngawi Pesugihan
Comments
Loading...