Misteri Bambu Keramat di Makam Panembahan Joyoboyo

0 79

Misteri Bambu Keramat di Makam Panembahan Joyoboyo

Di makam Panembahan Jogoboyo, terdapat bambu keramat, yang diburu para pengalap berkah. Konon, dengan bambu keramat ini, bisa dijadikan jimat untuk keperluan apa saja. Makam Panembahan Jogoboyo ini, berada di komplek pemakaman umum, di Dukuh Mbadan, Desa Karangwuni, Kecamatan Wates, Kulonprogo. Seperti halnya makam-makam keramat lainnya, makam Panembahan iogoboyo ini selalu ramai dikunjungi para pezirah dan pengalap berkah. Kedatangan para pengalap berkah ini, dengan berbagai pinuwunan. Ada yang bertujuan untuk pinuwunan derajat pangkat, kerejekian, keselamatan, penglarisan, mendapatkan jodoh, serta masih banyak lagi.

Menurut Juru Kunci Makam Panembahan Joyoboyo Sutarto “Asal untuk tujuan baik, silahkan saja. Tapi kalau pinuwunannya neko-neko (tak baik), ya tanggung sendiri akibatnya”.

Jika dibandingkan makam keramat Iainnya, makam Panembahan Jogoboyo ini terlihat unik. Berada dalam sebuah cungkup, di dalamnya terdapat 4 buah makam, yang terbagi menjadi dua bagian, yang dipisahkan dengan kain putih.

Ke empat makam ini, menurut Sutarto, semuanya merupakan makam Panembahan Jogoboyo. Konon, Panembahan Jogoboyo meninggal 4 kali. Hal ini biasa terjadi pada orang-orang sakti jaman dulu, seperti yang terjadi pada para wali. Setiap kali beliau meninggal, dimakamkan di tempat ini. Namun tak lama kemudian, Panembahan Jogoboyo akan hidup kembali, dengan tibatiba saja sudah ada di lokasi itu. Dan kejadian itu, berlangsung hingga 4 kali.

Source Misteri Bambu Keramat di Makam Panembahan Joyoboyo expobia.id
Comments
Loading...