Merti Dusun Ngentak

0 134

Merti Dusun Ngentak

Dusun Jopaten, Poncosari, Srandakan, Bantul hampir setiap tahun menyelenggarakan Upacara Tradisional Rasulan atau Bersih Dusun.

Menurut cerita yang beredar di kalangan masyarakat konon di desa Jopaten pernah terjadi rajapati, agar tidak ada rajapati lagi maka masyarakat mengadakan selamatan dengan tirakatan, berdoa dan tahlilan. Siang harinya menyajikan sedekah berupa nasi gurih, ingkung, lalaban, pisang raja dan tumpeng, sesudah itu dilanjutkan kegiatan wayang kulit dengan cerita Bharatayuda.

Versi lain mengatakan bahwa Rasulan ini untuk menghormati cikal bakal (leluhur) masyarakat Jopatan yang disebut dengan Kyai Jopati. Bersih dusun ini bertujuan agar hasil panen masyarakat dapat bermanfaat untuk keperluan. Sebagai ungkapan syukur atas keberhasilan panennya serta memohon kepada Tuhan Yang Maha Esa agar seluruh warga masyarakat terhindar dari malapetaka.

Upacara bersih dusun ini dilaksanakan beberapa waktu setelah masa panen padi, waktu penyelenggaraannya antara bulan Maret sampai April, pada bulan tersebut petani sudah selesai panen, hari pelaksanannya tidak ditentukan. Kegiatannya dilaksanakan kira-kira pukul 10.00 Wib selanjutnya pada malam harinya dilaksanakan pertunjukan tari Tayuban dan tumpengan dengan pertunjukkan wayang kulit sebagai puncak acara. Pelaksanaan Upacara Bersih Dusun ini dilakukan dengan melaksanakan kenduri secara bersama-sama oleh penduduk. Selain itu juga dipentaskan wayang kulit, biasanya dilaksanakan pada hari Rabu kliwon dengan mengambil lakon Bharatayudha.

Source https://www.gudeg.net https://www.gudeg.net/direktori/601/merti-dusun-ngentak.html
Comments
Loading...