Mercon Blegur, Permainan Tradisional

0 131

Mercon Blegur, Permainan Tradisional

Permainan yang berbahan dasar bambu ini berasal dari tanah Jawa Timur. Permainan ini biasa dijumpai pada bulan Ramadhan. Anak-anak senang memainkannya pada saat jelang berbuka puasa ataupun malam hari usai sholat tarawih.

Mainan ini dibuat dari bambu yang dibakar dengan karbit. Bentuknya seperti mercon bumbung dan mengeluarkan bunyi seperti petasan. Jika dimainkan sebelum maghrib,  biasanya bunyi letusan blegur menjadi tanda sudah dekat waktu berbuka. Namun jika dimainkan setelah sholat tarawih, para pemain suka menambahkan kaleng diujung bambu untuk semacam bermain perang-perangan.

Setiap mercon dikendalikan satu hingga dua orang dan setiap kali bermain biasanya ada 4 tim, tapi sebetulnya bebas aja. Saat bermain, mercon dinyalakan secara bergantian. Tidak semua mercon dinyalakan menghasilkan bunyi yang diharapkan. Adakalanya juga gagal. Namun, luapan kesenangan selalu meriah disetiap mercon berhasil dinyalakan.

Saat ini mercon blegur sudah jarang dimainkan. Kadang-kadang di event budaya tertentu saja kita bisa menjumpai permainan ini. Namun jika ingin mencoba, kamu bisa lakukan juga saat bulan puasa di lapangan dekat tempat tinggalmu. Tertarik untuk bermain?

Alat dan bahan :

  1. Bambu berukuran kira-kira 1m
  2. Karbit
  3. Batang kayu
  4. Korek api
  5. Minyak tanah

Cara membuat :

  1. Ambil bamboo yang besar
  2. Potong bambu sesuai ukuran yang ditentukan
  3. Bolongkan bambu yang telah dipotong
  4. Beri sanggahan di ujung bambu, bisa sisa bamboo atau batang kayu
  5. Masukan karbit ke dalam bambu
  6. Masukan minyak tanah
  7. Sulut karbit dengan korek api
Source https://budaya-indonesia.org/Mercon-Blegur/ https://budaya-indonesia.org/Mercon-Blegur/
Comments
Loading...