Mepe Kasur, Tradisi Unik Masyarakat Osing Banyuwangi

0 167

Mepe Kasur, Tradisi Unik Masyarakat Osing Banyuwangi

Nusantara sangat kaya akan keberagaman suku dan budaya. Beragamnya suku dan budaya ini yang membuat Indonesia menjadi sangat unik. Salah satunya adalah budaya adat yang dilakukan masyarakat di desa Gelagah, Banyuwangi, Jawa Timur saat menjelang Idul Adha.

Apabila berkunjung kesana menjelang hari raya Idul Adha, Anda akan melihat banyak kasur yang seragam di jemur di pinggir jalan. Penjemuran kasur ini ternyata bukan sembarangan dan merupakan salah satu acara budaya Tradisional masyarakat setempat menjelang Idul Adha.

Tradisi ini sudah dilakukan masyarakat sejak beratus-ratus tahun lalu sejak nenek moyang mereka. Budaya unik ini dinamakan Mepe Kasur. Tradisi masyarakat Osing di Desa Kemiren, Kecamatan Glagah, Banyuwangi setiap menjelang Hari Raya Idul Adha.

Namanya tradisi mepe kasur (jemur kasur). Ratusan warga kompak menjemur kasur secara bersamaan di sepanjang jalan desa setempat. Di setiap depan rumah penduduk berjajar rapi jemuran kasur. Budaya Mepe Kasur sendiri merupakan budaya masyarakat masyarakat Osing atau wong Blambangan.

Tradisi mepe kasur ini mempunyai tujuan untuk memohon agar rumah tangga yang dibangun selalu langgeng dan penuh semangat sehingga harmonis dan tetap ‘hidup’. Selain itu acara ini juga memiliki makna pembersihan desa dari mara bahaya

Kasur yang digunakan pun bukan semabarang kasur, kasur kapuk harus digunakan dalam acara ini. Kasurnya pun harus seragam berwarna merah dan diatasnya berwarna hitam. Selama dijemur (mepe kasur), setiap satu jam sekali para ibu-ibu harus memukuli kasur tersebut menggunakan rotan sehingga pukulan rotan yang hampir bersamaan tersebut akan menimbulkan bunyi yang unik.

Source https://planet.merdeka.com/ https://planet.merdeka.com/backpacker/budaya-mepe-kasur-tradisi-unik-masyarakat-osing-banyuwangi
Comments
Loading...