Mensyukuri Panen dengan Merdi Bumi Kebumen

0 190

Mensyukuri Panen dengan Merdi Bumi

Merdi Bumi atau biasa dikenal dengan Sedekah Bumi merupakan salah satu ritual sebagai perwujudan rasa syukur atas hasil panen yang telah diberikan oleh Tuhan sehingga kebutuhan hidup warga desa dapat terpenuhi Selain itu, dari ritual ini juga tersimpan harapan agar hasil panen yang akan datang lebih baik lagi dari panen sebelumnya. Acara ini dilaksanakan setelah panen padi. Tiap-tiap desa memiliki caranya masing-masing untuk menyelenggarakan acara ini, terkadang diisi dengan pengajian ataupun menyelenggarakan pertunjukan wayang kulit.

Tradisi ini juga dilakukan di sebuah desa kecil yang tak jauh dari pesisir pantai selatan, yaitu Desa Banjarsari. Desa ini terletak di Kecamatan Ambal, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Nah, sebagai desa dengan penduduk yang mayoritas bermatapencaharian sebagai petani, desa ini memiliki lahan sawah yang cukup luas. Dalam satu tahun, terdapat dua kali masa tanam padi. Masa tanam I dilaksanakan pada musim hujan bulan November dan akan panen sekitar pada bulan Maret. Sedangkan musim tanam II dilaksanakan pada bulan Mei dan akan panen pada bulan Agustus.

Tradisi Merdi Bumi ini dilaksanakan di Balai Desa Banjarsari dengan cara melakukan kenduri atau selametan dan membaca tahlil yang dihadiri oleh aparat desa serta seluruh kepala keluarga. Kepala desa menyediakan nasi tumpeng dan ingkung ayam, sedangkan warga desa yang datang membawa rantang yang berisi nasi, sayur, lauk, buah, serta makanan ringan. Setelah selesai membaca tahlil, warga desa melakukan makan bersama nasi tumpeng serta ingkung ayam yang disediakan oleh kepala desa. Sedangkan makanan yang ada di rantang dapat ditukarkan antar sesame warga kemudian dibawa pulang kembali.

Source https://budaya-indonesia.org https://budaya-indonesia.org/Mensyukuri-Panen-dengan-Merdi-Bumi/
Comments
Loading...