Menindik Telinga Bagi Anak Perempuan

0 354

Menindik Telinga Bagi Anak Perempuan

Pada pelaksanaan aqiqah biasanya bagi bayi perempuan  di sertai dengan melubangi daun telinga dengan tujuan  untuk tempat di pasangkannya anting-anting atau tindik bagi bayi.Tradisi tersebut merupakan tradisi yang turun temurun.Tujuan tindikan ini hanyalah untuk tempat perhiasan semata.Hal ini hanya berlaku bagi anak perempuan dan haram bagi bayi laki-laki.

 

Langkah-langkah yang dapat di lakukan dalam prosesi tindik telinga bayi ialah :

Konsultasikan ke dokter anak.

Pada masyarakat Jawa meski tradisi ini turun temurun ,tetapi pada zaman sekarang sebaiknya di anjurkan ke dokter,untuk mendapatkan berbagai arahan.Saran bagi orang yang telah faham bisa menjadi yang terbaik sebab mereka dapat menilai apakah telinga bayi kita bisa dipasangi anting-anting atau tidak. Selain itu, seorang dokter anak harus menentukan vaksin apa yang diperlukan sebelum bayi ditindik.Sehingga tidak akan bahaya bayi sang bayi.

Tindik Sekarang atau Nanti

Keuntungan menindik bayi ketika usianya baru beberapa hari adalah karena ia belum bisa menarik telinganya, sehingga tenaga kesehatan lebih mudah membuat tindikan. Lubang yang masih terluka juga jadi lebih mudah dirawat dan dibersihkan.Biasanya tradisi menindik telinga ini dari satu daerah ke daerah lain berbeda,ada yang mengharuskan lubangnya biasa dan juga lebar.

Tindik Kedua Telinga Sekaligus

Sebaiknya lakukan tindik pada kedua telinga sekaligus untuk menghindari rasa takut anak akibat tindikan. Untuk menindik bayi di anjurkan pada waktu bayi ,sebab  tidak akan mengingat rasa sakit akibat ditindik. Bahkan, rasa sakit yang ditimbulkan juga akan lebih cepat pulih. Biasanya usia berkisar antara  4 atau 6 bulan, karena ia akan  menarik-narik telinganya yang sakit. Jika tangannya  tidak steril, maka bisa terjadi infeksi dan masa sembuhnya lebih lama.

Lihat Reaksi Sang Bayi

Setelah tindikan selesai dilakukan, jaga lubang tindikan agar  bersih.Bagi ortang tua di anjurkan untuk memantau bayi menunjukkan reaksi alergi. Beberapa anak memang alergi terhadap logam tertentu dan jangan dipaksakan kembali untuk memakai anting-anting.Oleh karena itu bagi orang tua harus memahami sang bayi.

 

Source Menindik Telinga Bagi Anak Perempuan nakita
Comments
Loading...