Mengenal Tradisi Pladu dari Tulungagung

0 152

Mengenal Tradisi Pladu dari Tulungagung

Melestarikan tradisi leluhur dapat menumbuhkan kecintaan dan rasa memiliki yang dalam pada daerah asal. Sebab itu setiap daerah di Indonesia masih banyak yang melakukan tradisi- tradisi. Tidak kalah ketinggalan kota Tulungagung yang berada di provinsi Jawa Timur. Salah satu yang masih dilaksanakan warga Tulungagung adalah tradisi Pladu.

Tradisi Pladu atau penggelontoran air sungai proyek irigasi saluran pembuangan induk Kalidawir di pintu Cekdam Boyolangu, sudah menjadi budaya di Tulungagung. Penggelontoran air sungai itu rutin dilakukan setiap tahun pasca musim tanam kedua pada bulan September-Oktober dengan tujuan untuk mengurangi pasokan air ke sawah yang memasuki masa peralihan dari tanaman padi ke palawija.

Selain itu, tradisi pladu juga dimaksudkan untuk membuang sedimen lumpur yang ada di sepanjang aliran sungai. Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, aktivitas pladu mendapat sambutan antusias dari warga. Ribuan warga dari sekitar sungai maupun berbagai pelosok daerah datang untuk berebut mencari ikan dalam tradisi pladu.

Pemburu ikan menggunakan berbagai peralatan tangkap sederhana, seperti jaring pancing, kain, strom ikan, hingga menggunakan tangan biasa. Pembuangan air yang diikuti terbawanya sedimen lumpur itulah yang kemudian menyebabkan spesies ikan serta aneka biota sungai mabuk, sehingga menjadi sasaran perburuan warga.

Source https://merahputih.com/ https://merahputih.com/post/read/mengenal-tradisi-pladu-dari-tulungagung
Comments
Loading...