Mengenal Lebih Dekat, Topeng Kona Asli Bondowoso

0 106

Topeng Kona yang artinya Topeng Kuno. Asal usul Topeng Kona berasal dari Desa Blimbing, Kecamatan Klabang, Kabupaten Bondowoso.

Sejarah Topeng Kona

Topeng Kona dirintis oleh seorang tokoh masyarakat bernama Mulbi. Kesenian ini diperkirakan lahir pada tahun 1942M. Seni pertunjukan ini menyajikan cerita tentang kisah seorang pendiri desa bernama Juk Seng atau Mbah Singo yang disertai dengan atraksi-atraksi yakni Topeng Kona (Topeng yang ada pertama kali di daerah tersebut), tandhak putri (tarian yang dilakukan oleh seorang pria dengan menggunakan pakaian wanita), dan ojung (atraksi yang dilaksanakan oleh dua orang pemain yang masing-masing peraga menggunakan property sebuah cambuk dari rotan).

Topeng Kona merupakan simbolik dari Demang desa tersebut yang bernama Juk Seng (Jujuk Sengah). Jujuk yang artinya embah, Sengah yang artinya Singa. Nama Juk Seng dikenang di desa tersebut, Karena perjuangan Juk Seng ketika sebelum menjadi Demang, beliau berjuang di dalam hutan (tanah perdikan) di wilayah tersebut. Pada dasarnya wilayah itu sudah ada yang menghuni yaitu bernama Jasiman dan pengikutnya, kemudian terjadilah pertempuran antara Juk Seng dan Mbah Jasiman memperebutkan wilayah kekuasaan hutan perdikan itu, selanjutnya telah terjadi pertarungan dengan adu kesaktian dan menancapkan Sodo Lanang dan siapa yang bisa mencabut itulah pemenangnya. Dengan kesaktianya Juk Seng mampu memenangkan perlomabaan tersebut.

Nilai Estetika
Ada konsep estetika yang ada pada Tari Topeng Kona. Estetika itu terbentuk berdasar pada kearifan lokal masyarakat Desa Blimbing. Ada konsep kerukunan masyarakat tentang nilai kesatuan, nilai keberagaman, nilai keseimbangan dan nilai keselarasan.
Nilai kearifan Ejunjung tenggi ebendem dhalem (dijunjung sama tinggi, dikubur sama dalam) menurutnya mengandung satu kesatuan nilai sosial. Nilai kearifan aregei (menghargai) sikap bermasyarakat yang menyadari akan kebersamaan di tengah perbedaan etnis, agama, dan menjadikannya satu perbedaan dalam kebersamaan.
Meski memiliki keindahan dan kekayaan nilai itu, namun tari Topeng Kona yang merupakan kekayaan Bondowoso ini belum banyak dikenal secara luas. Salah satu yang mesti didorong dengan memanfaatkan media massa maupun media informasi dan teknologi. Selain itu, lanjutnya, harus lebih banyak lagi event-event yang mengakomodasi tari-tari tradisi itu.
Source Mengenal Lebih Dekat, Topeng Kona Asli Bondowoso Mengenal Lebih Dekat, Topeng Kona Asli Bondowoso ondowoso

Leave A Reply

Your email address will not be published.