Mengenal Lebih Dekat Budaya Sunda dan Karakter Orang Sunda

0 40

Mengenal Lebih Dekat Budaya Sunda dan Karakter Orang Sunda

Secara Bahasa, Sunda memiliki padanan makna dengan kata cahaya, cemerlang, putih dan bersih dalam tampilan fisik, dan memiliki kelembutan hati dalam konteks perilaku. Pengertian ini, setidaknya dapat dimengerti melalui Kamus Sangsekerta, yang menyebut bahwa kata Sunda yang berawalan Su mengandung arti baik, bagus atau padanan lain yang memiliki relevasi makna dengan kebaikan dan ketulusan.

Masyarakat yang mendiami pulau paling Barat di Jawa ini, dikenal telah membawa kemakmuran dan keberkahan hidup bagi penduduknya. Karena, mungkin didukung oleh Sumber Daya Alam yang melimpah. Inilah masyarakat pegunungan yang kurang lebih selama 1000 tahun, yakni sejak zaman Salaka Nagara, Tarumanagara sampai dengan Pakuan Padjadjaran, yakni saat pemerintahan Padjadjaran dipimpin Eyang Prabu Siliwangi.

 

Jawa Barat tampil sebagai soko negara yang baldatun thayibatun wa rabbun ghafur. Buku berjudul Sundaland (Tatar Sunda atau Paparan Sunda) yang disusun  Stephen Openheimer, dan ribuan judul buku lain seperti Eden of the East menyebut bahwa Tatar Sunda telah menjadi pusat peradaban di dunia dan dari sinilah segala silsilah manusia di bumi berpencar, termasuk ke benua Eropa.

Source https://www.lyceum.id/ https://www.lyceum.id/mengenal-lebih-dekat-budaya-sunda/

Leave A Reply

Your email address will not be published.