Mengenal Kampung Adat Kuta Ciamis Jawa Barat

0 210

KAMPUNG Kuta Tambaksari Ciamis adalah sebuah dusun adat yang sampai saat ini masih teguh memegang budaya adat leluhur. Komunitas ini berada di Desa Karangpaninggal Kecamatan Tambaksari, sekitar 60 Km dari Kota Ciamis ke arah timur.

Kampung Kuta dikategorikan sebagai kampung adat yang dipimpin oleh seorang ketua adat. Selain ketua adat, ada kuncen dan sesepuh yang dihormati warganya. Dalam pengambilan keputusan, musyawarah menjadi cara untuk mencapai mufakat, termasuk dalam memilih sesepuh.

Kampung Kuta terdiri atas 2 RW dan 4 RT. Kampung ini berbatasan dengan Dusun Cibodas di sebelah utara, Dusun Margamulya di sebelah barat, dan di sebelah selatan dan timur dengan Sungai Cijulang, yang sekaligus merupakan perbatasan wilayah Jawa Barat dengan Jawa Tengah.

Untuk menuju Kampung Kuta dapat ditempuh dari kota Kabupaten Ciamis dengan jarak sekitar 34 km. Pengunjung dapat menggunakan mobil angkutan umum sampai ke Kecamatan Rancah dan dilanjutkan dengan menggunakan motor sewaan atau ojeg. Kondisi jalan berupa aspal yang berkelok-kelok serta tanjakan yang cukup curam. Jika melalui Kecamatan Tambaksari dapat menggunakan kendaraan umum mobil sewaan atau ojeg dengan kondisi jalan serupa.

Source https://alampriangan.com/kampung-adat-kuta-ciamis/ https://alampriangan.com
Comments
Loading...