Mengenal Kampung Adat Cikondang dari Bandung

0 197

Kampung Cikondang secara administratif terletak di dalam wilayah Desa Lamajang, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung. Kampung Cikondang ini berbatasan dengan Desa Cikalong dan Desa Cipinang (Kecamatan Cimaung) di sebelah utara, dengan Desa Pulosari di sebelah selatan, dengan desa Tribakti Mulya di sebelah Timur, serta di sebelah barat berbatasan dengan desa Sukamaju.

Jarak dari Kota Bandung ke Kampung Adat Cikondang ini sekitar 38 Kilometer, sedangkan dari pusat Kecamatan Pangalengan sekitar 11 Kilometer. Dari Kota Bandung ke arah Selatan melewati Kecamatan Banjaran dan Kecamatan Cimaung. Jarak dari ruas jalan Bandung-Pangalengan yang berada di wilayah Kampung Cibiana ke Kampung Cikondang satu kilometer. Sedang dari jalan komplek perkantoran PLTA Cikalong, melewati bendungan dengan tangga betonnya, selanjutnya melalui Kantor Desa Lamajang sekitar satu setengah kilometer.

Khususnya di Jawa Barat, saat ini berkembang upaya berupa kesadaran masayarakat dengan pemerintah provinsi untuk menjaga adat istiadat dan budaya lokal khas tatar Sunda Jawa Barat.

Salah satu buktinya yang saat ini bisa dilihat adalah mengkonservasi tempat-tempat yang menjadi pusat kebudayaan atau kebiasaan dan ciri khas sebuah lingkungan masyarakat di suatu tempat seperti kampung-kampung adat seperti di Situs Batu Kerajaan Kendan di Nagrek.

Source https://tempatwisatadibandung.info/kampung-adat-cikondang-pangalengan-bandung/ https://tempatwisatadibandung.info
Comments
Loading...